Mewarnai Botol Bekas Dengan Cat Akrilik


Punya botol bekas nggak terpakai di rumah? Entah itu botol akua, botol sirup, botol minuman apapunlah. Lebih baik jangan dibuang dulu. Yuk warbai botol bekas itu dengan cat akrilik. Dan hasilnya lebih kinclong dilihat, dan dijadikan pernak pernik hadiah. (Murah kan?)


Sebenarnya aku sedang memiliki energi berlebih, dan bingung mau disalurkan kemana. Pasalnya, akus udah jarang membaca buku. (Ini sama sekali tidak patut dicontoh). Karena aku terlalu banyak interaksi dengan gadget dan monitor-monitor itu sehingga mataku jadi perih banget. -_-

Kalau dipakai membaca malah jadi pusing. Dan jadilah aku cari kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan radiasi.

Aku juga sedang belajar hidroponik. Nah masalahnya, botol akua yang kupakai itu gampang sekali berlumut. Nah iseng-iseng cari di pintres, banyak sekali botol yang diwarnai dan hasilnya cantik sekali. Jadi pingin kan?

Akhirnya aku memutuskan membeli cat akrilik merk Faber Castle seharga Rp60ribu dengan 12 warna. Namun karena untuk mengehmat cat dasar putih ini, aku menggunakan cat tembok. Hahaha. Hemat gaes. Cat tembok hanya Rp15ribu satu kaleng.

Kemudian aku melihat botol-botol sirup bergelatakan di bawah kandang ayam. Dan entah kenapa terbersit untuk mewarnainya, sebab permukaan botol sirup lebih halus dan tentu lebih mudah diwarnai. Jadilah aku pun membersihkan botol-botol sirup dan, mencucinya sampai bersih sampai kinclong. Yey!

Dan kemudian aku mewarnainya dengan cat tembok warna putih sebagai dasaran.

Dan aku belum sempat mewarnainya, sampai seorang kawan menanyakan hasilnya? Pada warna putih itu masih belepotan kan? Keliatan banget nggak rapihnya. Yah maklum, kadar kemampuan mewarnaiku sangat jauh di bawah anak TK. Sampai teman SMA ku selalu melarang aku untuk mewarnai. Karena aku mewarnai sesuka hati. Kalau daun mau kuwarnai merah atau ungu terserah aku. Hahaha. Bahkan batik yang menjadi tugas sekolah, aku warnai merah dan orange, yang menurut mereka itu sangat saru.


ini adalah a small boat, percobaan pertama
Tidak puas hanya mewarnai satu saja, kemudian aku mencoba mengaplikasi beberapa gambar di botol itu. Kesusahannya saat mewarnai di botol adalah cat yang ngalir ke bawah. Jadi bisa merusak warna lainnya. Aku mengaplikasikan cat akrilik menggunakan air. tetapi hanya sedikit atau juga kebutuhan. Untuk warna biru lautnya, aku menambahkan air, agar tidak terlalu kental warna birunya. Untuk kapalnya aku hanya membahasai kuas saja. Tidak seeperti kapal, malah seperti ikan paus. Hahaha.



Pada gambar bunga sakura, adalah hasil faforitku. Ini warna batang menggunakan campuran warna merah dan hitam. Untuk merahnya, pertama bagian tengah aku gunakan merah, pada kelopaknya aku gunakan campuran merah dan putih. hasilnya pink cantik...



Nah, bagaimana? Selamat mencoba yaaa....

Comments

  1. Aku lagi cari-cari kerajinan tangan nih,
    kayaknya main beginian seru juga,
    tapi beli catnya dimana ya teh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belinya di toko buku untuk cat akriliknya. hehehe. Iyah seru juga lho.

      Delete
    2. itu ada cat khusus gitu ya namanya cat apa teh ?

      Delete
  2. Wih, Vera keren nih. Bisa rekomendasi soale di rumah suka buang botol ke pemulung. Mayan kali ya bisa pajang botol cantik itu di rumah. Nambah koleksi pajangan kreatif dan cantik. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. botol kayak gitu tuh nggak laku mbak, di pemulung. Yup bisa dipajang di rumah biar lebih cantik :)

      Delete
  3. Cat akrilik itu apa yah? Duh, awam bgt saya ama yg berbau seni :(

    Ternyata pake botol sirup ABC yah, hehe kreatif nih. Barang bekas jd berubah nilainya jadi barang seni. Mantap ver... Btw, skalian follow ig mu. Folback donk xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. cat akrilik itu semacam cat untuk mewarnai. Hahaha.

      Iya lagi bosen soalnya, jadi cari-cari kegiatan yang seru lah dan tanpa gadget. Sip, aku juga udah follow ig mu.

      Delete
  4. mbak vey, coba deh bikin yang catnya dimasukin ke dalem botol gitu. yang buat hiasan wedding ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nanti yaaa.. wkwkwkwkw itu membutuhkan banyak cat, sayangku :P

      Delete
  5. Membuat kerajinan tangan Butuh banyak kesabaran. Mungkin kalau hobi tidak masalah ya mbak. Apalagi kalau sudah melihat hasilnya seperti botol-botol yang di cat akrilik ini. Cantik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, butuh sabar lah hehehe. tetapi seru kok. Ayo mbak dicoba :)

      Delete
  6. Aku kurang berbakat dalam melukis sesuatu, bahkan melukis aja masih acak acakan.

    Aku lebih bisa membentuk sesuatu dengan kertas seperti perahu, tamiya, shuriken, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh bikin origami Dek Attar? Dibikin postingan ajaaa

      Delete
  7. Wah keren! Jadi kepikiran juga buat project DIY gitu. Mataku juga mulai perih gara-gara setiap saat main gadget soalnya

    ReplyDelete
  8. kreatif.Barang bekas yang sudah tak terpakai pun bisa disulap menjadi sebuah seni yang bisa dinikmati nilai estetika nya.

    Ya contoh nya seperti botol bekas ini dengan diberi warna dari cek akrilik bisa menjadi contoh.

    ReplyDelete
  9. Bisa juga dijadikan hiasan di rumah, keren idenya.. Bisa dicoba nih :)

    Sekalian aja, Mba. Bacanya di monitor..hehe
    semacam ebook gitu :)

    ReplyDelete
  10. Wah ver setelah hidroponik skrang jadi tukang hias botol. Asik dah.. Gue juga kalo nyari ide itu ya ke pinterest, disana gudangnya ide2 kreatif

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.

Popular posts from this blog

Ini Soal Resepsi Pernikahan

Lomba Deadline Juni - Juli 2016

Jari, Onyx Asli Bojonegoro