Tahun 2014, Sebanyak 216 Bayi Meninggal di Bojonegoro



Angka Kematian ibu dan bayi di Bojonegoro masih cukup tinggi. Buktinya, sesuai dengan data di Dinas Kesehatan Bojonegoro menyebutkan, pada tahun 2014 angka ibu melahirkan selama setahun menembus 12 kasus, sedangkan kematian bayi yang baru lahir sebanyak 216 kasus.

Data yang berhasil kelompok satu telusuri dari data.go.id yang diunggah oleh Dinas Kesehatan Bojonegoro pada tahun 2014, masih banyak ditemukannya kasus angka kematian ibu dan bayi. Bahkan jumlah bayi yang mati mencapai angka 200 lebih.



Tentu saja penemuan ini sangat memprihatinkan. Berarti dalam sebulan, ada 17 anak yang mati. Dari data tersebut, kematian bayi saat melahirkan terjadi di semua kecamatan di Kota Minyak tersebut. 


Dari 28 kecamatan itu,angka kematian bayi tertinggi di Kecamatan Kedungadem, jumlahnya mencapai 17 kasus. Untuk yang terkecil terdapat di Kecamatan Malo, Purwosari, Kasiman dan Kedewan sebanyak 1 kasus.






Sedangkan untuk angka kematian ibu melahirkan, jumlahnya juga masih tinggi, meski tak sebanyak angka kematian bayi yang baru lahir. Yakni sebanyak 12 kasus di wilayah Bojonegoro

Berdasarkan data tersebut terbanyak kasus kematian ibu saat melahirkan di Kecamatan Kepohbaru dengan jumlah 3 kasus. Sedangkan sisanya ada di sembilan kecamatan yakni Kasiman, Ngasem,Dander, Bojonegoro, Sumberrejo, Baureno, Temayang dan Tambakrejo. Pada sembilan Kecamatan ini masing-masing terdapat satu kasus ibu meninggal saat melahirkan.

Pemkab Bojonegoro sendiri hanya menyiapkan anggaran senlai Rp68juta untuk program bina gizi ibu dan bayi. Padahal total anggaran Dinas Kesehatan pada tahun 2014 mencapai Rp398miliar. Dana yang digunakan untuk bayi dan ibu ternyata hanya 0,01% dari total anggaran yang tersedia.

Comments

  1. Ya Allah, hari gini angka kematian bayi tinggi? Dulu hal seperti ini sering terjadi di daerah timur. Tp ini Bojonegoro gtu ya.. Sedih aku

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.

Popular posts from this blog

Ini Soal Resepsi Pernikahan

Lomba Deadline Juni - Juli 2016

Jari, Onyx Asli Bojonegoro