Resep Hidup Bahagia Tanpa Modal Duit

Bahagia itu Sederhana Guys, Bisa tanpa Duit Juga

Kata orang bahagia itu sederhana. tetapi ternyata ukuran sederhana itu berbeda-beda. Bisa berupa uang yang banyak, bisa berupa jabatan yang tinggi, bisa juga berupa sanjungan dan kekaguman orang lain, yang lebih parah yaitu melihat penderitaan orang lain. #yang terakhir semoga kita dijauhkan dari sifat itu ya guys.

Untuk menjadi bahagia itu buat saya nggak muluk-muluk. Bisa tidur nyenyak dan makan kenyak itu udah bahagia bangeet. Simple sekali yak. Hahaha

Tetapi hei, saya juga punya tips bahagia. Yah namanya juga manusia, pasti ada aja sedihnya. Ada aja masalahnya. Ada yang aja  bikin kepala pusing lua biasa. Berikut ini resep hidup bahagia tanpa modal duit menurut saya lho ya!



  1. Tersenyum, dan katakan pada diri sendiri semua baik-baik saja.

    Hal yang paling mudah dilakukan adalah tersenyum. Anda nggak perlu modal melakukannya. Juga nggak perlu alasan untuk melakukannya. Tersenyum dan yakinkan pada diri sendiri bahwa semuanya akan membaik, semuanya akan baik-baik saja.
  2. Berpikiran positif dan Fokus Cari Solusi

    Sebagai anak pertama, saya selalu mencoba berpikiran positif. Karena ibu saya itu memiliki tekanan darah tinggi. Bila terjadi masalah, dan saya ikut panik itu sama sekali tidak bagus untuk kesehatan ibu saya. Maka dari itu otak saya sudah terbiasa melihat segala sesuatunya dari segi positif dan tidak berlarut-larut tenggelam dalam masalah ataupun kesedihan. Kita perlu mencari cara untuk menyelesaikan masalah, dan bukan selalu mencari kambing hitamnya. Ingat ya, cari solusi, dan bukan cuma menebar emosi di media sosial!
  3. CUEK

    Empat huruf ini sangat ampuh untuk hidup bahagia.Bagaimana tidak? Ketika perempuan identik dengan fashion dan kecantikan. Saya justru jauh dari semua itu, atau dibilang ketinggalan mode. Hahaha. Atau ketika banyak orang yang bertanya, kapan nikah? (Sumpah ini pertanyaan horor)

    Saya cuma senyum saja, atau tidak menjawabnya. Yah kalau diladenin kan pasti makan ati, apalagi kalau mereka bawa-bawa temen yang sudah menikah dan punya anak dan bla bla bla. Reaksiku adalah balik badan dan tutup telinga!
  4. Lakukan Sebaik Mungkin.

    Keterbatasan itu selalu ada, namanya juga manusia yak. Kalau sempurna dan tidak butuh orang lain yak tinggal aja di planet mars! Tetapi dalam hidup ini lakukan apapun sebaik mungkin. Terutama dalam hal tanggung jawab. Memang sih, sering rasa malas atau ada aja yang usil dengan omongan yang enggak enak. Maka balik lagi ke tips nomor tiga. Cuek. Selanjutnya lakukan apa yang kamu bisa sebaik mungkin.

    Sebab yang mengerti kondisi kamu ya diri kamu sendiri. Orang lain mah cuma melihat dan suka membandingkan aja. Jadi biarkan mereka. Kamu tetap pada jalur terbaikmu.
  5. Ingat Bahwa Allah Selalu Bersama Kita

    Tidak ada yang bisa mengetahui lebih baik masa depan kita, selain Allah swt. Dia lah Yang Maha Segalanya. Jadi kerahkan usaha terbaik kita dan serahkan padaNya. Percayalah bahwa Dia tidak pernah meninggalkan kita. Yang ada justru kita yang menjauh dariNya. Hmmm Allah saja Cukup. Biarkan Dia yang mencukupkan kita, karena Dia Maha Kaya.


Itu dia resep hidup bahagia  dari saya. Bisa dipraktikkan dan tanpa efek samping. Bikin ketagihan barangkali, tetapi percayalah semuanya amaan dan tidak menimbulkan efek samping yang bakal menggerogoti jantung. Hihihi.

Setiap hari saya merasa bahagia. Walaupun buat orang aneh, ketika saya bahagia bisa mendownload drama korea dan menontonya sampai puas. Sampai mata ellah. Melihat cowok-cowok tampan itu di layar monitor betapa bahagianya.

Tetapi yang paling membuat saya bahagia adalah saya masih hidup saudara-sadara!

Saya masih bisa melakukan apapun, saya masih bisa bernafas, saya masih memperbaiki amalan-amalan saya. Pernah saya berpikir, bagaimana kalau tiba-tiba saya tidur dan tidak pernah terbangun lagi? Dosa saya masih banyaak, hutang juga. Karena itu ketika saya bangun dan merasa masih hidup, saya bersyukur bahwa Allah masih memberikan kesempatan saya untuk menikmati hidup dan memperbaiki diri agar lebih dekat denganNya.

Beberapa kali juga ketika ada teman yang menanyakan kabar, jawaban saya adalah Alhamdulillah saya masih hidup. :)


Comments

  1. Makasih teh vira resepnya.
    sepertinya semua resep itu sudah pernah aku coba.

    dan versi bahagia menurut aku sendiri adalah saat aku melihat Ibuku bahagia aku juga ikutan bahagia.

    tapi seringkali hidup aku itu terasa "tidak sedih, tidak bahagia. Flat aja gitu". pernah ngerasain kayak gini juga ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang emang begitu, rasa hampa yang begiru menyiksa. Nanti deh aku bikinin postingannya

      Delete
  2. aduhh baca ini pikiran penat gara-gara kerjaan jadi seger lagi nih hehe. makasih yaa.

    bahagia itu emang relatif banget, bahkan dengan hal-hal kecil saja kita sudah bisa bahagia, ya seperti hal-hal yang kamu sebutin diatas.

    kalau menurut aku poin paling penting ya yang nomor 5. karena ketika sudah mentok, satu-satunya jalan untuk bahagia yaa curhat kepada-Nya. pasti nggak lama akan diberi jalan keluar yang terbaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Tuhan saja sudah cukup, karena Dia yang akan emncukupkan segala keinginan dan kebutuhan kita. :)

      Delete
  3. Setuju banget dengan kelima resep tersebut. Termasuk juga resep cuek. Betapa hidup itu bukan apa kata orang. Bahwa mempunyai prinsip itu penting. Dengan demikian, semoga senantiasa bahagia.

    Oh ya, Mbak, mohon izin ya, baru saja saya follow blog ini. Terima kasih...

    ReplyDelete
  4. TIps yg terakhir setuju banget. Bahwa ALlah selalu bersam kita. Gue suka banget, nih kalimat ini.

    Kalo soal CUEK, gue emang udah dasarnya kali, ya. Bawaannya suka cuek sama sesuatu yg baru dalam dunia fashion. Kenapa? Gue gak doyan banyak gaya, mending banyak duit. :D

    Buat gue, bahagia paling sederhana ketika moderasi puluhan bahkan ratusan komentar setiap hari. hahahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Tuhan saja sudah cukup ya.

      Haha moderasi ratusan komentar untuk memang menyenangkan sebab merasa kita diperhatikan yaa. Aku juga begitu

      Delete
  5. Bahagia gak perlu ngeluarin duit, setuju sih sama postingan ini, kadang suka bingung pengen bahagia tapi gimana, hidup aja gini amat, ya mungkin karna kurang bersyukur karna gak ngeliat disekeliling kita banyak banget kebahagiaan yang sederhana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, masih banyak orang yang tidak beruntung dibanding kita. Harus sering melihat ke bawah dan mengucapkan syukur.

      Delete
  6. Bener banget tuh , apalagi ya kalo misalkan kita berbuat baik kepada temen atau orang lain , tapi juga perlu jaga jarak kebaikannya . Jangan sampai kalo kita terlalu baik ( bukan suudzon ) malah jadinya nanti kebaikan kita dimanfaatin sama orang orang yang enggak beres.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya sering begitu ya. Tapi namanya menolong gak perlu imbalan lah. kita membantu karena mereka memang butuh pertolongan.

      Delete
  7. Resep hidup bahagia kita sama ternyata.. Hihihi
    Tapi emang resep bahagia tiap orang berbeda-beda kan.. Ada beberapa orang yang mengukur kebahagiaan merek dengan nominal.. Kalau uang mereka banyak pasti mereka bahagia, begitupun sebaliknya..
    Padahalkan bahagia itu kita yang ciptain sendiri.. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal mereka yang banyak uang seringkali merasa jenuh dengan kekayaan mereka. hati mereka kosong. Soktau ya. Hahaha

      Delete
  8. resep nomer satu dan nomer dua yang selalu aku praktekin mba heheh memang ampuh bangetttt bikin hidup bahagia,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba semua resepnya biar tambah bahagia

      Delete
  9. Paling setuju tips terakhir. Hehe

    Klo ngomong bahagia emang gak ada ukurannya. Iya, relatif.
    Makanya paling enak itu gak muluk2 kayak tips lo ini. Jadi bisa hidup bahagia. Selamanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo selamanya itu justru gak enak, bisa merasa bahagia karena kita tau sedih itu apa.. Ya kan?

      Delete
  10. Nah iya bener, gak selamanya bahagia itu dengan duit. Tanpa duit pun kita juga harus bahagia. Cara-caranya bisa dibilang kayak yang diatas tuh.

    Tapi, sebenarnya bahagia itu yang bikin, ya, diri kita sendiri. Kalo mindset kita bahagia, kita pasti bisa bahagia. Tapi kalo mindset kita badmood terus, ya, gak bakal bahagia. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, makanya bahagialah hidup itu indah

      Delete
  11. Gue paing sering bilang ke diri sendiri kalo gue baik-baik saja, soalnya mindset kita sangat berpengaruh sama mood. kalo bawaannya negatif thinking mulu, ya mood pasti ancur.

    Hahaha, kebanyakan duit yang bikin happy, happy sesaat.

    kalo cuek mah jangan ditanya gue ahlinya, cuek aja yang penting terus berkarya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, bila jiwa kita sehat maka badan pun ikut sehat. Berbalik dengan mensana in coperesano

      Delete
  12. yang penting memang harus bersyukur yak, dan berpikir positif disetiap masalah yang kita punya itu "harus" banget kalau mau bahagia tanpa harta duniawi di dunia ini :")

    ReplyDelete
  13. Tersenyum lalu menganggap semua baik-baik saja adalah salah satu hal yang tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk melakukannya. Kadang ini memang bener sih. Kalo meteran hidup bahagia itu ketika kita mengingat kembali hal-hal yang dapat membuat kita bersyukur, masih bisa makan enak, masih bisa nafas, dan berusaha menikmati hidup tanpa memikirkan hal lain. Dan gue yakin kalo kita hidup ini sudah mempunyai tujuan masing-masing.

    ReplyDelete
  14. aku mah supaya bahagia tanpa modal duit selain ngikutin 5 resep dari mbak, aku tambahin 1, yaitu jangan ngepoin orang yang suka pamer di sosmed.. biar hati tenang.. anyway thanks tipsnya mba.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya itu bener banget. Jangan mudah iri dengan kebahagian ataupun kesuksesan orang lain. Karena mereka well, juga jungkir balik untuk mendapatkannya.

      Delete

Post a Comment

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.

Popular posts from this blog

Ini Soal Resepsi Pernikahan

Jari, Onyx Asli Bojonegoro