Hujan Masa Lalu




"Karena lupa membawa payung, seorang pria dihujani masa lalu."


 Kata-kata ini sering diucapkan oleh Inul kepada saya sebelum dia minggat ke Nusa Tenggara untuk mencari ipar untuk saya. :D
Mungkin kata ini tepat untuk seseorang yang di samping saya saat ini. Terlepas dia baca atau tidak, dia bukan orang yang mudah untuk melupakan masa lalu. Apalagi menyangkut perasaan cinta yang pernah ada. Ehm...

Saya sendiri bukan tipe yang menye-menye karena cinta. Saya orangnya keras. Iya atau tidak usah sama sekali. Dan keuntungan untuk menjadi orang rewel seperti saya ini mampu menghapus nama dan wajah di masa lalu yang mengganggu. Biasa proses move on.

Sialnya kadang tidak semua orang seperti saya. Saya memiliki kawan yang cintanya lebih dari sepuluh tahun masih awet. Tentunya dengan banyak lika liku yang barangkali sayapun tidak sanggup berada di posisinya. Ada lagi yang hobinya ngebaperin orang, tanpa menyadari bahwa ada orang lain terluka karena sikap bodohnya tersebut.

Masa lalu memang menjadi musuh yang menyebalkan. Dia tidak bisa dihapus secara permanen dalam ingatan. Pasti akan muncul pecahan-pecahan tertentu yang tidak disadari mampu membawa kita ke saat itu. Bukankah waktu itu tidak ada dalam konsep ingatan?

Kita masih mampu melihat kejadian-kejadin yang pernah kita alami sepuluh tahun yang lalu. Saat kita Sd - SMP - SMA. Kita masih ingat wajah lusuh dan umbelen kawan-kawan kita saat itu. Dan ketika reuni terjadi maka ingatan akan kenangan masa lalu tentu akan dibandingkan dengan kenyataan yang sekarang.

Dan tidak semua masa lalu itu menyenangkan. Yang menyakitkan dan mampu melukai diri sendiri juga orang lain juga ada. Namun masa lalu orang lain bukan lantas kita bisa menghakimi apalagi bila dia sudah berusaha untuk memperbaiki. Just give him second chance! Toh, masalah surga dan neraka bukan hak kita untuk memutuskan.

Kendati demikian tidak semua perempuan mampu menerima masa lalu perihal mantan. Kata sensitif inih. Serius!
Terutama jika sang mantan masih berkeliaran di sekitar lelakinya. Jangan pernah kirim foto mantan kecuali diminta! Apalagi sampai membanding-bandingkan. Siap-siap kau dimasukkan ke dalam neraka. :v

Namun kendali dan kepercayaan yang utama. Hal ini saya dapatkan dari Shinta dan Mas Arif. Shinta. Bagaimanapun masa lalu itu, mereka berjalan ke depan. 

Mengutip kata-kata Habibi dalam film Habibi Aninun


Comments

  1. duh lupa membawa payung jadi dihujani masa lalu? jleeeb abis dan tutup sosmednya biar gak stalking, ehheeee.

    ReplyDelete
  2. apa kabar saudara kembarku? hihiii.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.

Popular posts from this blog

Ini Soal Resepsi Pernikahan

Lomba Deadline Juni - Juli 2016

Jari, Onyx Asli Bojonegoro