Saturday, April 11, 2015

Buku Bercerita : Empty Zone




Mey menatap lekat-lekat jalan yang terbentang di hadapannya. Dia berusaha menghapal seluruh area ini dengan ingatannya. Setiap sudut baner iklan yang terpampang di pinggir-pinggir jalan. Beberapa orang yang selalu sinis terhadapnya. Beberapa bangunan rumah yang dilewatinya setiap rumah. Pohon-pohon yang mungkin saat dia kembali sudah tidak ada lagi. Mey menarik nafas dalam-dalam, keputusannya sudah bulat. Dengan memakai ransel merah menyala, begitu pula celana jins lusuh yang sudah beberapa hari dipakai, Mey berbalik arah melanjutkan perjalanannya.

Mey tersenyum, walau beberapa bulir air mata jatuh di pipinya. "Aku akan merindukan tempat ini." Mey segera mempercepat langkahnya. Tidak boleh ada keraguan yang berhasil menyeretnya kembali ke rumah.

***
"Apa itu empty zone?" tanya Rio di sampingnya.

"Ruang kosong," jawab Mey tanpa melihat Rio.

Rio mengetuk pulpen di meja. "Gue tahu artinya, maksudnya kenapa dinamakan ruang kosong alias empty zone. Karena well, elu sama sekali nggak kosong." Kata Rio.

"Yo. Kamu akan tahu nanti setelah berkecimpung di areaku."

Rio langsung berdiri."Uwoo.. nggak. Terlalu berat. Haha. Jadi asisten elu aja, gue hampir gagal ngedate tiap malming. Apalagi jadi elu. Idih. Sorry Sis, elu sendirian di sini."

Mey tertawa,"Payah lu. Gak suka tantangan!"

Rio mengangkat bahu,"Buat gue, hidup nggak perlu ribet Mey. Kayak elu yang totalitas di sini. Tapi gue enggak. Gue butuh kencan sama cewek. Gue butuh tau gosip artis yang nikah cerai. Ataupun gue perlu sungkem sama ortu. Ups.. bukan maksud gue untuk..."

Mey mengangkat bahu." It is okay Rio."

Rio merasa tidak enak telah menyinggung hal yang sensitif buat Mey. Tetapi dia berusaha untuk mencairkan suasana. "Tapi bener lho Mey. You are not empty zone. Elu malah kayak flasdisk full, jadi gak ada ruang untuk lainnya selain kerjaan."

Mey berdiri. Dan berjalan mendekati Rio. Mey meletakkan kedua tangannya di bahu Rio seraya menatapnya dalam-dalam. "Rio, empty zone adalah milik kita. Pada akhirnya. Semua yang elu miliki saat ini. Umur, keluarga, harta, kekasih, atau bahkan kerjaan pun akan bukan menjadi milik kita. Dan itulah yang gue sebut Empty Zone."

Rio melepaskan tangan Mey. "Walaupun begitu Mey, gue percaya. Setiap orang memiliki sesuatu yang spesial. Hidup itu sendiri. Dan segala maknanya. Jadi bulshit ah, kalau elu bilang itu empty zone. Semuanya yang datang dan pergi memiliki arti sendiri." Wajah Rio mendekat di pipi Mey dan mengecup mesra. "Cari pacar sana. Dan elu akan merasakan apa yang gue rasain."

Mey kembali tertawa. "Well, gue belum butuh bro. Salam aja buat pacar lo."

Rio, "dan menerima gamparan dari cewek gue? No thanks!" Rio berjalan meninggalkan ruangan Mey. Sedangkan Mey tertawa terpingkal-pingkal.

***



22 comments:

  1. Eh, jadi empy zone itu apa ya semacam hal-hal yang selalu kita perjuangkan selama hidup tapi setelahnya kita ngga bakalan bisa kita simpan selamanya karena memang bukan milik kita? Meskipun begitu, selama memperjuangkan si empty zone ini kita juga bakalan dapat timbal baliknya, entah kebahagiaan, atau kelelahan tapi pasti semuanya akan terbayar. Gitu kah? Hehehe.
    Anyway, aku jadi bertanya-tanya, Mey sama Rio ini.... ada apa ya? Hehehe. Apa ada seri sebelumnya atau selanjutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup seperti itulah. Seolah memiliki, sebenarnya tidak.Mey sama Rio? ada apa yak? haha. Kayaknya perlu dibikin sekuel selanjutnya yak? :D

      Delete
  2. Empty zone ini kayak yang di cerita sun go kong ya? Isi adalah kosong. Kosong adalah isi. Artinya yg dianggap ada sebenarnya fana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bisa juga dianggap seperti itu.

      Delete
  3. Aduh ah bingung nih empty zone itu zona kosong, apakah selama ini mey merasa bahwa hidupnya kosong gitu?

    Terus sakit mana antara empty zone dan friend zone?

    Baca-baca lagi ternyata empty zone itu sesuatu yg diberikan ke kita, tapi kelak bukan milik kita. Kenapa kok dinamain empty zone?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, bingung ya? pegangan aku aja. haha.
      empty itu lebih ke filosofi hidup. kalo friend zone hem kayaknya kamu yang lebih paham deh. Haha.

      Delete
  4. aq pikir buku bercerita tu bujunya diceritain dgn suara trnyt tulisan ya
    tulisan si

    lam knal ya
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya ini cuma nama label untuk fiksi ku kok.
      oke salam kenal juga.

      Delete
  5. empty zone, intinya hal yg seblumnya kita miliki pada akhirnya akan hilang. begitu bukan?
    yah, tapi gue yakin sih, sgala hal yg pernah hadir di dalam kehidupan kita, pnya peran dan bagian masing''. nggak perlu disesali, diambil hikmahnya aja. ga usah ngerasa kosong jga, krena gue yakin msih bnyak org sekitar yg peduli. mnrut gue yak, hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak, semoga Mey nanti merasakan apa yang kamu katakan yak.. :D
      Seperti yang Rio rasakan juga. bagaimana selanjutnya? entar deh ya.. :P

      Delete
  6. yak dri kmaren ngomongin zona mulu mbak,
    gak paham ah dengan empty zone, yang pasti semua memiliki arti

    btw kok jadi kepikiran ma "gadis smalam, another storyku" ya gara2 mey ma rio ini
    balik ke kandang ah kelarin cerita itu . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. because zone is everything :P
      empty zone pun punya arti loh cum.. :D

      cie, yang terinspirasi dariku. hahaha
      eh dari Mey sama Rio ding. :P

      Delete
  7. maaf gue agak sedikit enggak ngerti ini cerpen intinya apa. gue nangkepnya kata 'empty zone' yang beulang. mungkin penayangan tentang penjelasan si 'empty zone' ini kurang gambalng dalam cerpennya. Jadi setelah selesai membaca tidak serta merta membuat saya (pembaca) bergeming 'ooo jadi itu to empty zone'.

    malah aku pikir, 'empty zone' itu lebih ke orang yang hidupnya hambar. selalu merasa kesepian. semacam kurang ada sesuatu yang gereget dalam hidupnya. jadi dia merasa sepi dan kosong. (ini cuma pendapat ya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak perlu gamblang kok untuk menjelaskan sesuatu. Bebas aja kok berpendapat. Dan apakah itu empty zone... mungkin kamu juga pendapat yang berbeda. dan itulah menariknya.

      Delete
  8. Empty zone sama ojekzone nyesekan mana, Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem, tanya Mey dulu deh. nyesekan mana.. :D

      Delete
  9. Empty zone. Baca tulisan di atas, saya jadi inget. Bahwa apa yang kita miliki bukanlah miliki kita. Karena segala yang ada di muka bumi ini milik Allah, dan pada waktunya akan kembali kepadaNya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyup. semuanya akan kembali ke tempat di mana berasal yak. :)

      Delete
  10. Empty zone. Hmmm.. Jadi intinya empty zone itu apa? Suatu posisi di mana seseorang merasa hidupnya kosong? Memang tidak ada yang kita miliki di dunia ini, semua hanya titipan. Semuanya akan kembali pada Sang Pencipta. Hmm..

    Jadi, Rio sama Mey ini apa? Kok cium-ciuman gitu? -__-
    Haha. ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm.. temukan jawaban sendiri apa itu empty zone. penafsiranku belum tentu sama denganmu. :)

      haha.. mereka ehemm...
      tanyakan saja langsung ke mereka yak. :D

      Delete
  11. gue kira empty zone itu salah satu zone yang diberikan gebetan (macam friend zone, kakak-adek zone, time zone) :3

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.