LAPORAN PKP HARDINI (824 377 551)



Nama : Hardini
Nim : 824 377 551
S1 PGSD Semester 8
PBI UT  BOJONEGORO



MENUNTASKAN PRESTASI BELAJAR  BAHASA INDONESIA DENGAN MATERI POKOK MENDESKRIPSIKAN GAMBAR MELALUI PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SDN KEDATON II KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2014/2015



BAB I
PENDAHULUAN


A.                Latar Belakang
Masalah belajar merupakan inti dari kegiatan disekolah, sebab semua usaha di sekolah ditujukan bagi berhasilnya proses belajar bagi setiap siswa yang sedang studi disekolah tersebut. Oleh karena itu memberikan pelayanan bimbingan di sekolah berarti pula memberikan pelayananan belajar bagi setiap siswa. Pendidikan di sekolah bukan merupakan tanggung jawab guru saja tetapi harus ada kerja sama antara sekolah, orang tua siswa atau wali murid dan siswa itu sendiri.
Dalam melaksanakan tugas mengajar, guru harus memberikan bimbingan kepada siswa dalam mencapai tingkat perkembangan yang optimal. Hal ini sangat penting, sebab dalam proses belajar mengajar guru akan menghadapi siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Siswa yang pandai akan lebih cepat menguasai bahan pembelajaran. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan rendah, biasanya lambat dalam menguasai bahan pelajaran, karena mereka mengalami kesulitan dalam belajar.
Dalam pengajaran disekolah pun, khususnya pengajaran Bahasa Indonesia, guru senantiasa berusaha agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam menuntaskan prestasi belajar bahasa Indonesia yaitu menulis cerita atau mendeskripsikan gambar. Namun  kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menuntaskan prestasi belajar bahasa Indonesia tentang menulis cerita atau mendeskripsikan gambar sebagaimana yang diharapkan oleh guru. Hal ini dapat diketahui rendahnya daya serap siswa dalam pelajaran bahasa indonesia yaitu menulis cerita atau mendeskripsikan gambar, meskipun telah diusahakan dengan baik oleh guru.
Kesulitan siswa dalam menuntaskan prestasi belajar Bahasa Indonesia tentang menulis cerita atau mendeskripsikan suatu gambar merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh guru. Jika guru memberikan ulangan atau tes pada setiap pokok bahasan hasilnya 60% siswa mendapat nilai dibawah rata-rata, dan hanya sedikit siswa yang mendapat nilai di atas karena mereka tidak memahami bahan ajar yang diajarkan oleh guru. Untuk itu sangat penting bagi guru untuk memberikan bantuan baik berupa perlakuan ataupun cara-cara dalam memahami bahan pelajaran.
Pada kurikulum KTSP, guru diharuskan melaksanakan remedial bagi siswa yang nilainya masih dibawah KKM / Kriteria Ketuntasan Minimal. Sedangkan untuk siswa yang mendapat nilai rata-rata di atas Kriteria Ketuntasan  Minimal, maka ia berhak mengikuti program pengayaan.
Oleh sebab itu salah satu bantuan yang bisa dilakukan guru adalah dengan memberikan program remedial yaitu suatu bentuk kegiatan yang bersifat menyembuhkan, membetulkan atau mengajar kembali, sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Dengan melaksanakan program remedial maka diharapkan dapat mendorong siswa untuk  menuntaskan prestasi belajar Bahasa Indonesia yaitu menulis cerita atau mendeskripsikan gambar, sehingga mempertinggi daya serap siswa dan tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh guru dapat tercapai secara tuntas sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal, terutama kemampuan siswa dalam menuntaskan prestasi belajar bahasa Indonesia yaitu menulis cerita atau mendeskripsikan gambar.
Program remedial dapat dilakukan oleh guru pengajar atau boleh juga dicari tutor sebaya yaitu dipilih teman sekelasnya yang sudah menuntaskan prestasi belajar bahasa Indonesia untuk bisa menjelaskan kepada temannya yang masih mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal.
1.         Identifikasi Masalah
Dari latar belakang masalah yang dikemukakan di atas timbul berbagai masalah.
1.                          Mengapa daya serap siswa kelas III semester I tahun pelajaran 2014/2015 untuk bidang studi bahasa Indonesia di SDN Kedaton II Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro rendah ?
2.                          Apakah rendahnya daya serap siswa disebabkan oleh guru yang mengajar?
3.                          Apakah cara pengajaran guru Bahasa Indonesia selama ini telah dapat mencapai tujuan yang diharapkan ?
4.                          Upaya apa yang dapat dilakukan untuk dapat menuntaskan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas III semester I tahun pelajaran 2014/2015 SD Negeri Kedaton II Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro?
5.                          Apakah program remedial yang dilakukan oleh tutor sebaya dapat menuntaskan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III semester I tahun pelajaran 2014/2015 SD Negeri Kedaton II Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro ?
2.         Pembatasan Masalah
Agar penelitian ini dapat terarah, maka saya akan memfokuskan pada masalah mengenai remedial yang dilakukan oleh tutor sebaya.
B.        Perumusan Masalah
Sesuai dengan uraian di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut. : Bagaimana program remedial yang dilakukan oleh tutor sebaya dapat menuntaskan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa Kelas III Semester I tahun pelajaran 2014/2015 SD Negeri Kedaton II Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro?
C.        Tujuan Penelitian
            Tujuan yang diharapkan penulis dari penelitian ini adalah:
a.       Memberikan informasi dan menambah wawasan kepada sesama guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar melalui kegiatan Penelitian Tindakan Kelas.
b.      Untuk mengetahui dapat atau tidaknya penerapan pembelajaran melalui program remedial yang dilakukan oleh tutor sebaya mengaktifkan dan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran.
c.       Memperoleh informasi yang tepat tentang salah satu upaya untuk menuntaskan prestasi siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis cerita atau mendeskripsikan gambar.
D.        Manfaat Penelitian
a.    Bagi guru
1. Dengan dilaksanakannya PTK ini, guru dapat mengetahui strategi serta metode pembelajaran yang bervariasi untuk memperbaiki system pembelajaran di kelas sehingga permasalahan-permasalahan yang dihadapi guru dan siswa di kelas dapat segera diatasi.
2. Menjadi informasi bagi guru-guru SD dalam memberikan program remedial, sehingga guru menjadi lebih perhatian pada siswa.
b.    Bagi siswa
1.      Menjadi informasi bagi guru-guru SD dalam memberikan program remedial.
2.      Siswa dapat berlatih untuk menjadi pembelajar mandiri dan bekerja kelompok.
c.    Bagi sekolah
Hasil penelitian ini akan bermanfaat bagi SD itu sendiri di dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Selain itu juga membantu mengatasi permasalahan-permasalahan pembelajaran SD yang mana hal tersebut akan membantu para guru dalam meningkatkan profesionalitasnya.






Comments

  1. Baik. Masukkan
    1) Karya ilmiah dilarang membuat kalimat di awali dengan
    Oleh karena....,
    Dalam....
    Dengan demikian.....
    Yang......
    2. Tujuan sebaiknya menjawab harapan dari point "Rumusan Masalah"
    3. Saudara perhatikan format pebulisan PTK
    4. Habis menggunakan A. Latar Belakang
    1.........
    a. ......
    b.......
    2.........
    a......
    b....

    ReplyDelete
  2. Bagus sekali, sebaiknya karya tulis BAB 1 dst anda kirim via email sehingga saya bisa merevisi. Lalu saya kirim balik setelah saya revisi ke email anda.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.

Popular posts from this blog

Ini Soal Resepsi Pernikahan

Jari, Onyx Asli Bojonegoro