Surat Untuk Ak, Pahlawan Kami dari JIS

Postingan ini saya copi dari catatan facebooknya Feyaa Cabaru alias fb saya yang kedua. Saya hanya ingin menyebarluaskan surat yang ditulis oleh JJ di akun kompasiana. Surat yang sangat menyentuh. Surat yang akan mengubah pola pikir kita terhadap kasus pelecehan yang terjadi di JIS.

Karena postingan ini adalah terjemahan bebas versi saya, jadi tolong kalau ada yang salah, mohon teman-teman membenarkan. Saya masih perlu belajar banyak. Terima kasiih.

 
Dear AK,
I hope this letter finds you well. Just wanna inform you that you’ve just been appointed as our family’s hero.Do you know why? Because you have saved a lot of lives. For us, you are more than Captain America. That hero is not real but you are very real.



Untuk Ak,
Aku berharap kau baik-baik saja. Hanya ingin memberitahukan bahwa kau adalah pahlawan keluarga kami. Kau tahu kenapa? Sebab kau telah menyelamatkan hidup kami. Bagi kami, kau lebih dari Kapten Amerika. Pahlawan yang tidak nyata tetapi kau sangat nyata.

You help protect millions of children. Because of your courage, the police officers could catch all “the monsters” hiding and pretending to be the good guys. Because of your caring and loving nature, all your friends from the same school can be saved. Because of your “power”, all the bad guys are now staying in a place they are meant to be. Yes, you and your mom have saved a lot of children.

Kau membantu melindungi jutaan anak-anak. Sebab keberanianmu, polisi dapat menangkap semua "monster" yang bersembunyi dan menyamar menjadi orang baik. Sebab kepedulian dan cintamu terhadap semua teman-teman di sekolah yang sama telah terselamatkan. Sebab 'kekuatanmu' , semua orang jahat sekarang tinggal di tempat yang semestinya. Ya, kau dan ibumu telah menyelamatkan banyak anak-anak.

I cannot express how thankful our family is to have you among us. Because of you, we could give extra care to all the kids around. Because of you, we could help check the surrounding area carefully as the monster might be hiding somewhere around us and disguising as one of us. Because of you, we could see that the places we believe to be very safe might be dangerous especially for the children including the schools and the playground. Yes, more people are on alert now. For sure, they have to be aware of their surroundings.

Aku tidak dapat mengekspresikan bagaimana harus berterima kasih pada mu. Karena kaulah, kami dapat memberikan perhatian yang lebih kepada anak-anak di sekitar. Karena kaulah, kami dapat memeriksa area sekitar dan berhati-hati pada monster yang bersembunyi di suatu tempat di sekitar kami dan menyamar menjadi salah satu dari kami. Karena kaulah, kami dapat melihat tempat yang dikira aman ternyata berbahaya terutama untuk anak-anak di sekolah dan playgroup. Ya, orang-orang lebih waspada sekarang. Lebih yakinnya, mereka akan lebih memperhatikan sekelilingnya.

I have a nephew of your age who is very near and dear to my heart.Thanks to you and your mom for protecting him and his friends from the monsters. His parents and his friends’ parents could take some precaution. Because of you, a lot of parents now become closer to their children. More and more family members start “talking” to one another not just through their gadgets. Yes, you are the hero, the real one, more than Captain America.

Aku punya keponakan yang seusia denganmu dan dia dekat denganku. Terima kasih untuk mu dan ibumu untuk melindunginya dan teman-temannya dari monster. Orangtua dan teman-temannya sekarang dapat melakukan beberapa tindakan pencegahan. Karena kamulah banyak orang tua yang lebih dekat dengan anak-anaknya. Satu per satu anggota keluarga berbicara kepada yang lain tidak hanya memedulikan gadget mereka. Ya, kau adalah pahlawan, nyata , dan lebih dari seorang Kapten Amerika.

Do you know that even Captain America himself had to face a lot of bullies around before transforming into Captain America? Yes, he had been physically weak and had a small figure before. However, his “strength” did not come from his physical appearance. Even when he was not that strong he always believed that he could help fight all the bad guys out there and return the world into a more peaceful place to live. When he got the chance, he took it and helped create a better world just like you. But then again, he is not real. He only exists in people’s imagination. As you are very real, you deserve to be our family’s hero. Thank you, my little friend. One day, I believe you’ll be able to transform into “a more powerful hero” and give a lot of contribution to the society, more than Captain America and the Hulk.

Apakah kau tahu bahwa Kapten Amerika sekalipun pernah mengalami kekerasan sebelum berubah menjadi Kapten Amerika? Ya, dia memiliki fisik yang lemah dan tidak dikenal sebelumnya. Namun, kekuatannya tidak berasal dari fisik yang lemah. Walaupun ketika dia tidak kuat dia percaya bahwa dia dapat melawan orang-orang jahat di sana dan mengembalikan dunia menjadi aman untuk ditinggali lagi. Dia hanya berada di dalam imajinasi orang-orang. Sedangkan kau sangat nyata, kau adalah pahlawan keluarga kami. Terima kasih, teman kecilku. Suatu hari, aku percaya kau akan bisa berubah menjadi 'pahlawan yang hebat' dan memberikan manfaat kepada masyarakat lebih daripada Kapten Amerika dan Hulk.

I couldn’t stop crying when I read what had happened to you. I really apologize for not being able to be there and help you wipe away your tears. At the moment, I can only pray that God will take away all your nightmares and replace them with all the good memories you have in your childhood. You know what? I always believe that a good person, a real hero like you, will get the reward from God the Almighty.May God ease your way, bless you and your family abundantly, and return all the smiles and laughter back to you and your family. As you are the real hero, you might understand that a good person will always get a good reward. “The monsters” will always be locked in a place they are meant to be.
God bless you and your family, little hero. Once again, thank you for saving a lot of lives. Yes, you are the REAL HERO.

With Love,
Your #1 fan

Aku tak dapat berhenti menangis ketika aku membaca apa yang terjadi padamu. Aku minta maaf karena tak berada di sana dan mengahpus air matamu. Namun di saat yang sama , Aku percaya bahwa Tuhan akan mengambil semua mimpi burukmu dan menggantinya dengan segala kejadian yang indah yang kau miliki saat kanak-kanak. Kau tahu apa? Aku selalu percaya bahwa orang baik , seorang pahlawan sejati sepertimu, akan mendapatkan hadiah dari Tuhan Yang Maha Esa. Semoga Tuhan memudahkan jalanmu, dan memberikan berkah kepada mu dan seluruh keluargamu, serta mengembalikan senyum dan tawa kembali padamu dan ibumu. Karena kau adalah pahlawan sejati, tentunya kau memahami bajwa orang baik akan mendapatkan hadiah yang baik. "Para Monster" akan dikunci di tempat yang semestinya.
Tuhan memberkatimu dan keluargamu, pahlawan kecil. Sekali lagi, terima kasih telah menyelamatkan hidup kami. Ya, kau adalah pahlawan sejati.
Dengan Cinta
Fansmu no 1

sumber : http://m.kompasiana.com/post/read/649406/2/a-letter-to-ak-our-little-hero-from-jis.html

Comments

  1. Halo selamat datang di dunia promo ya di BE ya ;)
    Jujur aku baru pertama kali baca tulisan/surat ini, dan ini mengharusan serta menginspirasi untuk kalangan seperti kita, terimakasih referensi nya ya

    ReplyDelete
  2. kalau dipikir lagi sekarang kayaknya gak ada tempat yang aman lagi buat anak-anak. mereka polos dan harusnya mendapatkan perlindungan, tapi kenyataannya?
    sekarang karena kasus JIS, para orang tua jadi berpikir ulang dan memberi perhatian lebih untuk anak-anaknya.

    saya sendiri juga bekerja sebagai pendidik, ini menjadi perhatian untuk saya. mereka semua dititipkan untuk mendapatkan pendidikan. bukan seperti ini yang orangtua harapkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yak.. anak-anak emang sudah tercemar. dengan tivi dan lagu-lagu yang tidak bermutu. Ditambah dengan kasus-kasus seperti ini.

      yah, pendidikan sebenarnya bukan cuma sekolah dan orangtua. tetapi seluruh lapisan masyarakat ikut bertanggung jawab. karena di masa depan kita-kita akan dipimpin oleh mereka.

      semoga kasus ini bisa menjadi pelajaran buat kita ya Pak, supaya kita selalu waspada dengan keadaan di sekitar.

      Delete
  3. benar - benar sangat menyentuh dan gue ikut bersimpati atas kejadian yang bikin heboh dan sangat bejat untuk pelakunya ini. semoga smua ini cepat berakhir dan korban segera kembali pulih gak cuma secara medis tapi juga batinnya.AMIN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin mbak, semoga Ak dan korban-korban lainnya bisa terbebas dari trauma dan menjadikan hidup mereka lebih baik dan menyenangkan.

      Delete
  4. hah...kalau dipikir-pikir sih bener juga....banyak yag sebenarnya bahkan lebih dari pahlawan untuk dianggap pahlawan,,,,
    semoga Tuhan yang membalas dengan yang lebih baik.....Allah melimpahkan rahmatnya...amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kadang aku berpikir, kasihan ya yang jadi korban. tetapi setelah membaca surat ini. mereka bukan cuma korban, tetapi mereka adalah pahlawan. >.<

      Delete
  5. aku terharu banget bacanya...jadi ngebayangin juga kalo di posisi ank itu ato mom-nya...
    butk, yeah...they were the real heroes.... kalo nggak ada mereka, mungkin selamanya ank2 di JIS bakalan mengalami kejadian yang mengerikan itu...

    moga kasus ini bisa jadi pelajaran buat semuanya, buat ortu, anak, dan buat para calon ortu diluar sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan juga untuk kita sendiri mbak Miftah, agar selalu memperhatikan di sekeliling kalau-kalau ada yang tidak beres. Baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekitar kita. :)

      Delete
  6. semakin bikin was was zaman sekarang, nggak ad lagi tempat aman untuk anak2 . ingat kata bang napi, kejahatan tak terjadi karena adanya kesempatan, tapi ada niat pelakunya. waspadalah . sambil bedoa. lindungi ponakan ku ya tuhanku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita juga harus waspada. Sebagai masyarakat dan sebagai calon orangtua. Dan semoga Tuhan melindungi anak-anak di manapun mereka berada. Amiin. :)

      Delete
  7. Keberaniannya patut diacungi jempol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak leyla. Semoga tidak ada kejadian seperti ini lagi. :)

      Delete
  8. Good Job Ve,,pengen sekali belajar bahasa inggris biar tambah paham :)

    ReplyDelete
  9. terharu banget surat nya. memang sekarang banyak orang yang terlihat baik tapi ternyata mereka adalah "monster" yang tidak punya hati.

    buat AK disana, kamu bener-bener hebat banget. kamu memang pahlawan nyata yang berhati lembut. perilakumu bisa menyadarkan orang tua agar lebih waspada lagi terhadap putra putri nya

    belajar lagi yaa Vera, semoga makin jago nerjemahin bahasa inggris nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mereka punya hati~ tetapi gak kepake. :(

      Amiiin, semoga Ak bisa lebih kuat dan sembuh dari trauma.
      Iya, masih terus belajar, terima kasiih :)

      Delete
  10. Hiks.
    Mengharukan banget suratnya. Amazing translate ^^

    Salute buat Ak

    Yang udah dia dan orangtuanya lakukan sungguh berani.
    Semoga nggak akan ada lagi kasus serupa di kemudian hari ya.
    Aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiih

      Amiin, semoga tidak ada lagi kasus lagi yang menimpa anak-anak.

      Delete
  11. semoga AK adalah korban terakhir dari para monster2 itu.,.dan tak ada lagi AK2 lainnya di negeri ini dan juga di seluruh dunia....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin, dan semoga Ak bebas dari trauma dan kembali menjalai kesehariannya seperti sedia kala.
      :)

      Delete
  12. waaaah sebenernya ada apasih sama JIS ini ? maklum lah aku "nyaris" gak pernah liat TV atau baca koran. '-'

    Tapi sehabis baca nih postingan, keknya gak ada hal lain deh yang bisa aku ucapin selain turut prihatin '-'
    Semoga gak ada AK AK yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus pelecehan pada anak tk di sekolah. Pelakunya adalah pekerja kebersihan yang ada di sekolah tersebut.

      Amiin, semoga tidak ada Ak-Ak yang lain. :)

      Delete
  13. keren banget isi suratnya. terutama dibagian akhir. aku suka banget bahwa Tuhan akan mereplace semua nigtmarenya dan menggantikan dengan kenangan masa kecilnya yang indah. ya ampun, enggak bisa bayangin betapa traumanya korban itu. jahat... bener2 jahat monster itu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mereka memang jahat. selain menimbulkan sakit pada fiisk juga pada psikologi si kecil.
      Amiin.

      Delete
  14. bagus nih surat, kayak surat buat Paus Franciskus di Midjournal.

    semoga dengan terungkapnya kasus ini, sekolah TK atau semacamnya tidak hanya mementingkan status dan kualitas tapi juga keamanan dan kenyamanan para anak2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju~
      Dan tamparan untuk kita sendiri supaya lebih waspada dengan keadaan di sekeliling kita. :)

      Delete
  15. suratnya keren. menyentuh..

    semoga di lain hari ngga ada kejadian yang kayak gini lagi.. kasihan yang jadi korban..

    ReplyDelete
  16. Tragedi JIS ini emang memprihatinkan deh, Ver. Aku geram banget bacanya. Mudah-mudahan pada bisa ngambil hikmahnya dan pelakunya dihukum seberat mungkin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi mba della punya anak tk juga kan? Iya mbak, semoga ini jadi pelajaran buat kita semua untuk lebih perhatian terhadap keadaan di sekitar kita. Amiin, semoga para monster dihukum seberat-beratnya.

      Delete
  17. aku udah baca versi aslinya nih di kompasiana ^^ thanks udah ditranslate in kak veraaaa

    ReplyDelete
  18. Aduhh suratnya nihh, keren..
    eh ya, jago translate juga nih, hahay

    ReplyDelete
  19. kejadian ini memang menggemparkan dunia pendidikan.. saya yang melakukan praktik di dunia pendidikan juga merasa bahwa hal seperti ini sebenarnya sudah seringkali terjadi. Dan alhamdulillah kali ini terekspos.
    suratnya keren..

    terima kasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, ini memag fenomena yang sering disebut gunung es. semoga tidak ada kejadian lagi seperti ini. T.T

      iya suratnya emang keren...

      Delete
    2. harus segera diatasi sampai tuntas :D

      Delete
  20. sepertinya sedang terjadi perang di negara kita, duh!

    Ve, apa kabar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perang moral mbak~

      alhamdulillah sehat, mbak gimana?

      Delete

Post a Comment

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.

Popular posts from this blog

Ini Soal Resepsi Pernikahan

Lima Wishlist Di Tahun Dua Nol Satu Tujuh