Tuesday, October 15, 2013

Sinergikan Potensi Manusianya

Berbicara tentang potensi lokal Bojonegoro, tidak hanya tentang potensi alamnya. Melainkan juga potensi manusianya. Karena kemajuan suatu bangsa juga diihat dari seberapa bagus kualitas suber daya manusianya. Saya bersyukur bisa mengenal beberapa orang yang hebat di bidangnya. Misalkan di pihak media ada Mas Nanang (Pimpinan Redaksi Blok Bojonegoro) dan Mas Anas(Redaktur Radar Bojonegoro), juga dari seniman yaitu Mas Sarwo, Pak Masnun, sedangkan dari pihak Blogger ada Mas Dedexz, Mbak Leli, Mas Fauns, Kak Didik dll.



Mereka memiliki program masing-masing demi kemajuan Bojonegoro. Saya akan menguraikan sedikit tentang masing-masing kegiatan beberapa komunitas yang ada di Bojonegoro.
  1. Sindikat Baca
    Adalah wadah yang digagas oleh Mas Nanang dan Mas Anas agar ada geliat Literasi di kota Bojonegoro ini. Banyak kegiatan yang telah sukses dilaksanakan yaitu bengkel menulis, arisan buku, sindikat layar tancap dll. Dan ada dua produk yang bisa dilihat dan dirasakan yaitu Majalah Baca dan Majalah Atas Angin.
  2. Sayap Jendela
    Adalah salah satu komunitas Teater yang ada di Bojonegoro. Pak Masnun adalah salah satu pembinanya. Sayap Jendela bersama Dinas Kebudayaan Pariwista menggelar festival oklik setiap tahunnya.
  3. Komunitas Blogger Bojonegoro
    Visinya adalah Memperkenalkan Potensi Yang Ada Di Kabupaten Bojonegoro Dengan Aktivitas Blogging Dari Warga Bojonegoro, Oleh Warga Bojonegoro, Untuk Indonesia”.Kegiatan yang pernah dilakukan antara lain Workshop Blog entreprenur dan Pelatihan Blog ke sekolah-sekolah.

foto : atas angin
foto : Jonegoroan



foto : Jonegoroan
foto : Blogger Bojonegoro
foto : Blogger Bojonegoro


Menurut salah satau seniman di Bojonegoro, Sarwo M djantur, hendaknya pemerintah Kabupaten Bojonegoro mendukung setiap kegiatan yang memiliki potensi-potensi besar dengan menyediakan satu tempat yang multifungsi. Bisa digunakan untuk kegiatan olahraga, sastra dan budaya.  Agar potensi-potensi yang bagus ini bersinergi dan memberikan dampak yang baik untuk para pemuda-pemudi Bojonegoro.

Dengan adanya tempat ini, antar komunitas bisa saling melengkapi dan saling mendukung satu sama lain. Karena memiliki satu 'wadah' yang sama. Bukan hanya untuk saat ini, tetapi untuk keseluruh generasi penerusnya.

Semoga komunitas-komunitas ini terus berkarya dan mengembangkan kota Bojonegoro sesua dengan cara mereka. Dari Bojonegoro untuk Dunia. :)

refrensi :
http://www.bloggerbojonegoro.com/program-kerja
http://www.atasangin.com/
https://www.facebook.com/groups/bloggerbojonegoro/
https://www.facebook.com/jonegoroan?ref=ts&fref=ts
https://www.facebook.com/pages/Atas-Angin/379896028744970?ref=ts&fref=ts




6 comments:

  1. salut untuk komunitas Bojonegoro..
    selalu aktif dalam berkarya..
    sukses selalu^^

    ReplyDelete
  2. Komunitasnya aktif-aktif ya. kalo dulu di lamongan palingan yang jadi penggerak aktif seperti ini ekskul sekolah, jadi masih dalam ruang lingkup yang terbatas. tapi gak tau juga untuk saat ini... Hidup jonegoro :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, alhamdulillah aktif walaupun sering tersendat dana. hehe...
      Semoga bisa membawa perubahan yang lebih baik untuk BOjonegoro dan Indonesia :)

      Delete
  3. Wah, asyik ya banyak komunitas yang seperti ini.
    selain bisa nambah wawasan juga nambah banyak teman :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...
      alhamdulillah tambah ilmu tambah rejeki jugaa :)

      Delete

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.