Bertahan Pada Satu Rasa

Judul : Always be in your heart

Penulis : Shabrina WS

Penrbit : Qanita

Tahun : Cetakan 1, Februari 2013

ISBN : 978-602-9225-77-8

Tebal : 236 hal




Sinopsis :

Marsela
Aku selalu menantimu dari matahari di timur, matahari di barat, hingga terbit lagi.
Aku telah melewati musim yang berganti berulang kali. Tapi kau tak pernah hadir di sini. Kini setelah sepuluh tahun kulewati, aku tak yakin lagi, bahkan pada hatiku sendiri.

Juanito
Siapakah kita, ketika pada akhirnya sejarah telah bicara.
Bahkan sungai saja bisa berubah muara, sekuat apa pun aku bertahan, sepuluh tahun telah mengubah banyak hal. Dan nyatanya, keadaan memang tak lagi sama.


Review :

Ehem novel Always be In Your Heart aku dapatkan dari Mbak Nunu El Fasa atas kuisnya yang bertemakan ebook dan kertas. Hehe. dan kali ini aku ingin menuliskan reviewnya. Padahal sudah lama sekali selesai dibaca. :D *emang pemalas sih

Sepertinya pada judul dan sedikit sinopsis, aku mengharapkan kondisi kisah yang sedikit rumit. Antara Marsela dan Juanito. Sayangnya belum, hehehe.

Dikisahkan bawah Marsela dan Juanito itu hidup bertetangga dari kecil. Juanito selalu menjaga Marsela layaknya adik. Bahkan di sekolah pun Juanito mengakui kalau Marsela adalah adiknya. Dan tidak boleh ada yang menganggunya.
So sweet kan? :P
Ada yang berharap pingin punya seorang teman kayak Juanito nggak? :D
*kembali ke laptop eh review

Namun konflik dimulai saat gejolak perang saudara di Timur Leste. Marsela bersama ayahnya harus meninggalkan tanah mereka sedari dulu. Sedang keluarga Juanito tetap di sana. Padahal Juanito dan Marsela berencana akan menikah. Rupanya status adik itu hanya akal-akalan Juanito untuk menjaga Marsela. Ihirr :D

Sepuluh tahun berlalu. Marsela berpisah dengan keluarga Juanito. Namun bagaimanapun Marsela belum bisa melupakan Juanito. Juanito berjanji akan menyusul Marsela. Sudah sepuluh tahun berselang, Juanito tak pernah muncul.

Apalagi setelah meninggalnya ayahnya, Marsela semakin menutup diri. Marsela bahkan berusaha sebisa mungkin untuk menghindari Randu, salah satu kenalan ayahnya. Marsela tahu Randu menyimpan rasa pada dirinya. Namun sepertinya hatinya belum bisa melupakan bayangan Juanito.

Sepuluh tahun waktu yang lama untuk bertahan pada satu rasa. Ada masanya Marsela ingin menyerah dan membuka hati. Tetapi  lagi-lagi gagal.

Menurut saya, kisah ini bisa lebih panjang. Apalagi saya belum menemukan gregetnya. Walaupun konflik sudah ada, rasanya belum mencapai puncaknya. Hingga akhir. Sayang sekali ya.

Penggambaran konflik Timur Leste pun rasanya kurang detail. Bagaimana bangunan dan keadaan di sana pasca berpisahnya Timur Leste dengan Republik Indonesia. Kemudian saat Marsela mengenali Juanito, pasca sepuluh tahun. Aku merasa janggal. Karena waktu sepuluh tahun mengubah wajah dan tubuh seseorang. Apalagi pada masa pertumbuhan. Apalagi tak pernah berkomunikasi selama sepuluh tahun.


Sekian saja dulu reviewku. Mohon komentarnya :D
*masih belajar

Comments

  1. Makasiiiih, sudah baca, sudah bikin reviewnya...:)

    Iya, saya juga menyadari, itu memang masih bisa diutakaitik dari berbagai sisi. Dipanjangin, dijelasin. Waktu yang bagi saya terbatas, dan halaman yang terbatas membuat saya fokus ke romance-nya. Sementara tentang Timor Leste saya tulis sendiri,masih setengah jalan, dengan tokoh Royo :)
    Makasih ya Mbak Vera :)

    ReplyDelete
  2. @Shabrina
    terima kasih untuk tanggapannya ya mbak, saya juga masih harus belajar... apalagi saya malah belum bertelur. hehehe...

    Sama-sama ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. berasa seperti baca bukunya nih, asyik mbak Vera lagi fokus mereview buku bacaan hehhe


    semoga menang ya mbak , lombanya :)

    ReplyDelete
  4. mba shabrina kayaknya lebih detail di karakter dan konflik hati para tokohnya, kalo detail setting memang ga terlalu keliatan, vey. btw, aku penasaran dengan tokoh randu. hihi,kalo dibikin sekuel kayak apa ya kisahnya dia nanti. :D

    ReplyDelete
  5. Kayaknya familiar dengan cover bukunya tapi baru tahu reviewnya sekarang nih...

    ReplyDelete
  6. @Titis
    hehe iya nih, mohon doanya supaya konsisten selama sebulan yak :)
    sip, amiiin

    @ila
    iya detail ke perasaan para tokohnya :D
    eciye kesengsem sama Randu yak :D

    @Haya
    hehe, covernya sering mejeng di facebook :D
    ayo baca kak :)

    ReplyDelete
  7. mungkin dalam sekuelnya nanti saya akan berjodoh dengan randu XD

    ReplyDelete
  8. @zahwa
    ciee amin semoga berjodoh yak :P

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.

Popular posts from this blog

Ini Soal Resepsi Pernikahan

Jari, Onyx Asli Bojonegoro