Thursday, June 20, 2013

Ragam Mimpi-mimpiku

"Eyak mau jadi apa kalau besar nanti?"
"Aku mau jadi kayak mama."

Ah~
samar-samar aku ingat masa kecilku di Tangerang. Saat - saat di mana apapun yang aku inginkan selalu berusaha dipenuhi oleh Ayahku. Sering jalan-jalan ke mana saja. Mau ini itu, selalu diturutin. Kalaupun belum bisa, Ayah selalu bilang, nanti ya kalau ada rejeki.


Tetapi cita-citaku ingin jadi seperti Mama ya?
Kenapa?
Mungkin memang karena mama walaupun bawel selalu memasak yang enak. Dan saat itu aku berumur sekitar lima tahun itu pun pinginnya jadi mama.

Namun cita-citaku berubah saat aku kelas tiga SD. Aku ingin jadi guru. Kerjanya sampai siang. Kalau ada acara apa-apa pasti guru dapat banyak makanan. (Aku kan tukang makan :v) Terus kalau sudah pensiun, dapat uang pensiunan. Enak kan?

Saat Smp, cita-citaku berubah lagi. Ingin jadi jurnalis atau wartawan. Senang saja, bisa mewancarai banyak orang penting. Bisa menjelajah banyak tempat dan bertemu dengan banyak orang. Menguak kisah-kisah di balik kehidupan seseorang. Aduh kok jadi kayak wartawan infotainement ya? :D

Dan cita-citaku itu terwujud saat itu juga. Kebetulan pada tahun pertama aku di Smp itu, Sekolahku sedang merintis sebuah majalah. Dan namanya 'SAKTI'. Aku lupa singatannya apa. Dan aku masuk sebagai tim redaksinya. Walaupun disebut sebagai tim redaksi. Tetapi aku masih merasa segalanya didominasi guru dan kakak kelas. :D

dokumen pribadi
Tulisanku akhirnya masuk, yaitu pada laporan perjalananku bersama anak-anak KIR ke Gondang. Aku merasa menulis memiliki dampak tertentu. Yaitu kegembiraanku saat ceritaku dibaca oleh banyak orang. Namun saat aku memberikan naskah fiksiku, cerpen ke beberapa teman. Aku jadi minder. Karena menurut mereka cerpenku tidak begitu menarik. Akhirnya aku berhenti menulis fiksi. Dan lebih fokus ke kegiatan membaca.


Buku bacaan adalah barang mahal buatku. Karena ibuku tidak suka membeli majalah ataupun buku-buku yang tidak ada hubungannya dengan sekolah. Walaupun begitu, aku tak pernah menyerah. Sedikit demi sedikit aku mengumpulkan uang saku. Untunglah aku ini tipe yang selalu hemat.

Setiap hari Sabtu, pulang sekolah aku selalu mampir ke Sagita. Sekarang sudah menjadi counter hp. Bukan lagi agen majalah. :)
Dari sanalah aku membeli majalah-majalah Mentari. Ada kelegaan tertentu saat memiliki majalah-majalah itu. Saat itu harga majalah bekasnya hanya limaratus perak. Uang sakuku setiap hari seribu rupiah. Dan aku bisa membeli tiga sampai lima majalah bekas itu.

Dan aku bermimpi, semoga suatu saat aku bisa membaca buku sepuasnya. Sesuka hatiku. Dengan gratis. Karena buku-buku itu pasti mahal.Selama apapun aku menabung, pasti tak akan cukup membeli banyak buku.

Kemudian aku kepingin membeli dua buku La Tahzan dan Nasihat asmaul Husna. Aku baru bisa mendapatkannya lima tahun kemudian. Baca saja di buah tangan dari Jakarta.

Tuhan selalu memberikan kebahagian di tepat waktunya. Aku bersyukur sekali. Keinginanku untuk membaca gratis terkabul. Tepat saat aku lulus SMA. Aku jadi pengangguran. Keadaan ekonomi membuat ibuku kerja di Surabaya. Ayahku juga. Aku tinggal bersama adik dan sepupuku. Hanya bertiga.

Aku mendapat tawaran untuk menjaga sebuah rental buku. Tanpa babibu aku langsung menyetujuinya. Awalnya Ayah tak rela, kalau putrinya ikut bekerja. Biarlah beliau saja yang bekerja. Anaknya cukup di rumah saja. Tapi aku tetap keukeh untuk menerima job ini. Lagipula aku tak pernah menganggapnya sebagai pekerjaan. Bagaimana aku bisa dikatakan bekerja? Bila  kerjaku hanya membaca ratusan komik dan buku?

Adik kelasku sering mampir membawa laptopnya. Dan aku barus adar kalau facebook sudah jadi kehidupan banyak teman-temanku. Sedangkan aku? Jauh dari teknologi. Jauh dari hiruk pikuk membuminya internet. Aku tak ada komputer. Jadi aku berdoa agar suatu saat aku bisa online gratis. Aneh memang. Kepuasan manusia memang tak ada batasnya. Dan Tuhan selalu mengabulkannya.

Jadi di sinilah aku, duduk manis di depan komputer. Mau download, mau browsing, mau baca buku / komik online atau berburu kuis, segalanya bebas dan gratis. *Gak boleh iri ya!  :P

Mimpiku selanjutnya adalah keliling Nusantara dan keliling dunia. Juga bisa mendapatkan  Beasiswa Luar Negeri Khusus Negara Tujuan Jepang.
dokumen pribadi
Kenapa Jepang? Mungkin dalam alam bawah sadar, aku ingin bertemu dengannya. Dialah sahabat paling inspiratif. Meskipun aku sadar sangatlah tidak mungkin aku bisa bertemu dan mengucapkan terima kasih. Karena dia tidak nyata. ^_^

Hem.. setelah kubaca ulang ternyata sebagian besar mimpiku yang gratis-gratis ya? Haha. Emang dasar Kuter sejati. Karena menjadi kuter itu sesuatu pokoknya. :D :D :D

Saat seorang teman blogger sudah sampai di Jepang dengan gratis. Aku mupeng lagi. Walaupun cuma sepuluh hari. Tetapi sudah memberikan pengalaman yang luar biasa. Siapa lagi kalau bukan Una? Dia ikutan program Jenesys. Jenesys itu apa baca aja di sini. 

Aku nggak ikutan daftar. Karena pendaftaran lewat kampus. Kampusku? Kayaknya susah diharapkan. Namun membaca sebuah postingan di blogger Bojonegoro. Aku rasa akan banyak kesempatan. Tinggal bagaimana kita berusaha mencarinya. Semangat!

"Diikutsertakan dalam Giveaway Tuppy, Buku dan Bipang di blognya Mbak Tha yang telah terhapus"

*total 766 kata






28 comments:

  1. Saya juga hobi traveling, rencana mau mulai karier sebagai Bag Packer liburan tahun ini :v

    ReplyDelete
  2. @Mia
    haha, liburan mu kan pas puasa. Yakin tuh?

    ReplyDelete
  3. Hihihi... Semoga terkabul, mbak. ;)

    Semoga menang GA-nya juga.

    ReplyDelete
  4. aamiin.. aamiin.. semoga terwujud ya impiannya..
    klo ke Jepang ajak2 dong :D

    ReplyDelete
  5. @Meo^^nk
    amin, makasih ya..
    hayuuk atuh :D
    nabung dulu yak :)

    ReplyDelete
  6. eh, gak apa demen yg gratis. Bukankah ikut kuis juga butuh usaha? Gak ada sesuatu pun yg benar2 gratis kan ^_^

    ReplyDelete
  7. Cita2 memang selalu berubah2 ya? cita2 waktu SD pasti berbeda ketika di SMP, begitu juga ketika di SMA, cita2 berubah lagi :)

    ReplyDelete
  8. Semangat!!! bisa dapat yang gratis itu usahanya lebih besar dari bayar sendiri kali ya? Semoga mimpi2nya tercapai, wish the best for you. :)

    ReplyDelete
  9. ooowh ... #peluk
    sweet ^^

    terima kasih, telah terdaftar sebagai peserta ^^

    ReplyDelete
  10. Bukan gak puas sih, tapi katanya gantungkan cita2 setinggi langit. :D

    Suksses ngontesnya, ya. Semoga diberi jalan untuk menuju Jepang. :)

    ReplyDelete
  11. semangat ke jepang, vey. banyakin nonton dorama jepang. hehe :D

    ReplyDelete
  12. @Ria
    betul mbak, mari berusaha mencari rejeki dan peluang di segala arah :D

    @santi
    iya nih, mengikuti zaman pertumbuhan.. wkwkwk

    @Haya
    amin, makasih mbak e.. wish the best for you too :)

    @Arga
    peluuk balik
    iya amin, wish me luck ^^

    @Idah
    amin, makasih mbak ^^

    @Ila
    hoho, aku nonton anime mbak.. sip pastinya ^^

    ReplyDelete
  13. Hihihi, sekarang jadi kuter, bukunya makin banyak kan yaaa...
    Ayooo mbak ke Jepanggg :D :D

    ReplyDelete
  14. selalu tentang giveaway
    coba klo saya ga lagi sibuk skripsi pasti ikut nieh kaya mba vera

    ReplyDelete
  15. sama, aku juga punya cita2 yang berubah ubah seiring berjalannya waktu, dan akhirnya aku bisa menjadi seperti yang aku inginkan... semuanya aku syukuri, dan aku yakin ini semuanya pemberian Tuhan.
    mungkin bisa berubah lagi cita2 ku kedepan.. ya kita liat saja...

    :)

    ReplyDelete
  16. @Una
    hahaha, iya makin banyak deh makin cinta deh :D

    @Megi
    kelarin dulu noh skripsinya
    hahaha

    @Rusydi
    Iyaaa beasiswanya Jepang itu sangat menggiurkan sekali... >.<
    harus belajar-belajar lagi ^o^

    @Susan
    Sip, yang penting mencintai hidup kita.. dan semoga bisa tercapai semuanya. amin ^^

    ReplyDelete
  17. Semoga segera biosa kuliah di jepang yan adek manis.. :)

    Eh itu KIR di Gondang mana? Waduk Gondang lamongan kah?

    ReplyDelete
  18. @Ayu
    amiiiin, makasih mbak :*
    Di Bojonegoro mbak..
    hohoho
    bagus loh, ada kerajinan marmer di sana ^^

    ReplyDelete
  19. Semoga harapannya bisa terwujud :)

    ReplyDelete
  20. Aku liburnya udah lebaran, Mbak :3

    Tapi cuma bentaran

    ReplyDelete
  21. @Budi
    Amin
    terima kasih ^_^

    @Mia
    oh sehabis lebaran yak?
    enak donk.. selamat liburam
    *puasa aja belom :v

    ReplyDelete
  22. Aku jugq nih dulu pernah bercita2 jd guru dan jurnalis hehehe.. semangat semangatt ^^

    ReplyDelete
  23. Selalu ada cara untuk meraih cita-cita. Semangat.

    ReplyDelete
  24. @Afternoon
    Ganbatte, makasih yaaa :)
    kamu jua harus semangat meraih citacita yang belum tercapai ^_^

    @Gredy
    Setuju. Selalu ada jalan asal ada niat. Man Jada Wajada :)

    ReplyDelete
  25. oh pada postingan terakhir dikasih jumlah kata ya mbak? :)

    ReplyDelete
  26. wish u luck to go to japan someday...
    ^^
    keep fighting vera...

    ReplyDelete
  27. @Moocensusan
    eh itu cuma iseng saja hehehe

    @Ina
    sip.. makasih ya mba ^^

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.