Wednesday, May 22, 2013

Yang Akan Terjadi di 23 Tahunku

gambar googling :D




Saat ini aku masih berusia 21. Menuju 22 di bulan oktober nanti. Mengingat usia di atas duapuluh pertanyaan menyebalkan sering mampir di telinga.

"Kapan nikah?"

Baiklah, mungkin sebagaian besar orang-orang menganggap bahwa umur di atas duapuluh itu sudah harus memiliki pandangan menuju ke arah ini. Awalnya aku jengah. Sangat jengah. Bete sebel pokoknya. Aku baru lulus SMA dan baru saja mengecap bangku kuliah terus-terus saja di bombardir pertanyaan seperti itu. Aku orang yang lurus. Saking lurusnya. Kalau sudah menetapkan satu tujuan susah pindahnya. Aku ingin melanjutkan sekolah setinggi-tingginya. Dan bukan menjadi ibu rumah tangga. Salahkah?

Dari kecil, orang-orang di sekelilingku selalu menanamkan petuah. 'Sekolah yang bener. Sampai kerja  baru boleh pacaran'. Well, aku baru saja lulus loh kok sudah ditanya seperti itu. Aku belum kerja lho...

Kenapa? Kenapa? kenapa?

Akhirnya salah satu sahabatku menikah. Dia baru kenal dengan seseorang sekitar sebulanan. Dan langsung menuju arah pernikahan. Kilat? Iya. Semua orang bertanya, kenapa kilat sekali.

Tetapi aku tahu. Setelah dia putus dengan pacarnya. Waktu itu aku juga abis putus. Pasca putus, aku sangat baik. Malah lebih bahaagia. Tetapi dia tidak. Dia ingin segera menikah. Sangat berbeda dengan aku. Setiap hari dia meminta kepada Yang Maha Kuasa untuk segera dipertemukan jodoh. Tahajud dan dhuha selalu dia lakukan. Well, begitulah Allah menjawabnya. Dua bulan kenal langsung nikah. :)

Kejadian ini mengembalikan kesadaranku. Bahwa memang sudah saatnya aku untuk memikirkan hal ini. Maka Yang akan terjadi di 23 tahunku adalah 'Pernikahanku sendiri' :).

Kenapa 23 tahun? Sebenarnya aku takut menuliskan hal ini. Takut sekali. Bahwa aku tak bisa mewujudkannya. Takut bila apa yang terjadi nanti sangat bertolak belakang dengan semua rencanaku. Aku takut bila 'dia' malah pergi meninggalkanku. Dan buyar sudah semuanya. Aku akan hancur. Aku akan seperti layang-layang putus.

Namun, aku sudah membulatkan tekad. Bahwa biarkan Tuhan yang menjawabnya. Biarkan Tuhan yang menentukan takdirku. Biarkan Tuhan yang memberikan jalan yang indah untukku.

Seperti beberapa waktu lalu, aku membaca sebuah lirik lagu. Dan Lely menyebutnya 'lirik ini aku banget'.

Jika aku bukan jalanmu
Ku berhenti mengharapkanmu
Jika aku memang tercipta untukmu
Ku kan memilikimu, jodoh pasti bertemu
Andai engkau tahu betapa ku mencinta
Selalu menjadikanmu isi dalam doaku
Ku tahu tak mudah menjadi yang kau pinta
Ku pasrahkan hatiku, takdir kan menjawabnya

Jika aku bukan jalanmu
Ku berhenti mengharapkanmu
Jika aku memang tercipta untukmu
Ku kan memilikimu, jodoh pasti bertemu

Madre OST


Angka 23 itu pas, dan aku sudah mempersiapkannya mulai sekarang.  :v Walaupun bagian masak memasak masih perlu banyak belajar. :P

Tetapi aku galau lagi. Saat itu aku baru lulus kuliah. Apa aku tutup buku buka tarub gitu? Waduh... -_-

Well, apabila hal itu tak terjadi. Aku akan mencari kesibukan dengan hal-hal yang positif. Mencari beasiswa ke luar negeri misalnya :P atau backpakeran keliling nusantara dulu baru keliling ke luar negeri. ^_^

Apapun itu, aku berusaha menikmati dan mencintai hidup yang sudah luar biasa ini. Keep Moving Forward. :D

Seperti Mbak Ayu. Yang bisa dilakukan hanya melangkah maju. Walaupun sekarang statusnya masih LDR. Tetapi dia terus berusaha sekuat mungkin untuk menjemput hari bahagianya dengan 'Mas'nya. Hehe.
Dan aku suka sekali dengan kalimat puitis ini.

"Saat ini, fisikku memang tak di sampingmu. Tapi ketahuilah, seluruh do'a dan cintaku akan selalu hadir dalam setiap harimu. Mendampingimu."

- Ayu Citraningtias, Januari 2013 -

Dan untuk memperingati ulang tahun mbak Ayu yang 23 tahun. Aku menyiapkan sebuah puisi spesial untukmu. Hehehe...

Aku ucapkan selamat datang rindu
Yang kian melekat dalam raga
Ubah sebuah kata menjadi saudara

Ciptakan tangga menuju matahari
Ibarat sungai bermuara
Terhadap lautan
Ruam hhitam putih pun tak kan mampu
Ancurkan tekad yang tumbuh
Nelaah lewat gurat-gurat
Istimewa di telapak tangan
Namai dengan bongkahan cinta
Giring menuju cahaya cermelang
Tanpa menyesali
Yang pernah lewat dalam
Asam manisnya kehidupan
Selamanya


Selamat ulang tahun mbak Ayu, Semoga segala cita-citamu bisa terwujud. Amin. Dan Semoga suatu saat kita bisa berjumpa. Apalagi kita bertetangga kota. :)






12 comments:

  1. usia 23 memang salah satu fase yang selalu dinantikan sebagian orang yang berusaha untuk menjadi lebih dewasa,
    selamat berlomba ya..semoga menjadi salah yang terbaik,,,tapi sepertinya puisinya bisa jadi penilaian sendiri tuch untuk dimenangkan :-)

    ReplyDelete
  2. aku usia segitu lagi galau2nya. hihi :D tapi sampe sekarang belum nikah juga. wekeke. jadilah skrg ngalir aja deh. :D semoga tercapai keinginanmu ya, veyyy <3

    ReplyDelete
  3. Waaaa.. selamat menjadi semakin dewasa kak Vera :D - ah apapun itu, yang penting adalah hidupnya selalu barokah :)

    ReplyDelete
  4. @BlogS
    iya, fase bikin deg-deg an..:D
    amin semoga menang :D
    makasih sudah mampir ^^

    @Ila
    haha, mbak ila umur berapa sekarang?
    amin semoga cepat menemukan jodoh ya ^_-
    amiin <3

    @Silviana
    Amiiin semoga hidupku barokah ;)
    makasih sudah mampir ^_-

    ReplyDelete
  5. Bagi sebagian wanita, usia 23 tahun memang saatnya memikirkan pasangan hidup. Namun karena usia segitu adalah usia produktif, umumnya wanita 'modern'kini justru banyak yang mengejar karir hingga ketika apa yang diharapkan sudah tergenggam dalam kenikmatan prestasi, terkadang sampai lupa akan keiniginan menyempurnakan dalam membangun rumah tangga. Maka yang bijak adalah mengejar karir dengan tidak melupakan kodratnya sebagai calon istri serta menyertakan Alloh Ta'ala dalam setiap hal yang kita kerjakan.
    Salam silaturahim dari Blitar

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. aku juga umur 21 nanti november jadi 22. umur kita beda sebulan ya ^^ nasibnya nggak jauh beda dari kamu. semua orang tua2 pada tanya kpn nikah. aduhh -,- aku masih mudah kali lol semoga ya apa yg kamu cita2kn bisa terwujudkan :) amin :)

    thanks for joining Dskon.com giveaway :)
    Invite you to join my Oasap.com giveaway
    http://luchluchcraft.blogspot.com/2013/05/oasap-giveaway.html
    Hope you can join. Thank you :)

    ReplyDelete
  8. heeuuuu.. 23 semoga bisa bertemu jodohmu ya Veyy.. begitupun aku.. #eh
    Memang jodoh itu ditangan Tuhan, kita sebagai manusia harus berusaha untuk menjemputnya..kalo nikah aku diundang lho ya.. hehe

    Terima kasih untuk doanya,, aku suka puisinya veyy..misal yg baca itu masku pasti langsung tak peluk abis2an..heheh

    terima kasih ya sudah mau berbagi impian :)

    ReplyDelete
  9. @Pakies
    Iya Pak umur segini emang lagi semangat-semangatnya mengejar mimpi. Dan orangtua terus saja 'mengingatkan' agar tak lupa dengan kodrat sebagai perempuan dan seorang manusia untuk berumah tangga.
    Terima kasih sudah mampir

    @Esna
    Wah giveaway.. meluncuur ^_^

    @Inge
    Amin, semoga apa yang kamu cita-citakan juga terwujud yaa
    Oke mluncur segera ^^

    @Ayu
    Amiin mbak...
    oh pasti donk diundang ;)
    hehehe selamat apreasiasi puisinya ^_^

    sama-sama mbak, semoga nanti kita bisa bertemu ya.. :D

    ReplyDelete
  10. Saya malah sudah lupa dengan apa yang terjadi di usia saya yang ke 23 .. tapi benar kata mas Haryanto, usia ini adalah masa pencarian dan percobaan .. istilah saya TRIAL & ERROR ..

    ReplyDelete
  11. wauw... 1 tahun lagii..
    undang akuu yaahh ^^

    ReplyDelete
  12. @mohammad Fan
    hahaha iya trial dan eror. aku suka kata itu :D

    @mbak meong
    aduh aduh... sepertinya bakal molor. hahaha :D

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.