Tuesday, May 7, 2013

Telaah Lebih Dalam Tentang Blog

Aku sudah lama mengenal tentang Blog. Sekitar SMA. Namun tidak ada isinya. Waktu itu membuat blog hanya untuk mencapai nilai tertentu. Tidak paham arti blog sebenarnya.

Kemudian blog ini pun lahir saat November 2011, Untuk mendokumentasikan kegiatan menulis fiksiku dan menambah postingan info lomba menulis.

Berkenalan dengan Blogger Bojonegoro pun baru tahun 2012. Tetapi baru gabung tahun ini. Lama ya? :D Karena walapun aku mengenal komunitas tersebut. Aku belum akrab dengan dunia tulis menulis di blog. Aku lebih memilih berkecimpung di dunia cetak. Mengejar info-info lomba antologi adalah salah satunya. Walaupun sering gagalnya juga :D

2013 adalah awal diriku menggeluti dunia blog. Bagiku Blog itu sekedar hiburan saja. Namun ketika ada lomba nulis di blog. Aku jadi tertarik.



Ternyata blog itu bukan cuma tempat sampah saja. Blog adalah media sosial yang luas. Yang mampu mengubah banyak hal. Ini terbukti saat aku menonton film Lini Massa dua. Ada banyak hal yang bisa dinformasikan ke dalam blog. Misalkan pinghijauan. Apabila penghijauan masih dilakukan di sekitar wilayah. Melalui Blog kita bisa mengajak banyak orang di luar kota atau bahkan di luar negeri untuk melakukan hal yang sama. Dampaknya bisa lebih dahsyat bukan?

Bahkan Blogger (Sebutan untuk orang yang suka ngeblog) bisa berperan dalam kemajuan suatu bangsa. Pegenalan alam wisata melalui blog akan menarik banyak orang untuk datang. Nah karena itu, aku semakin antusiasdengan dunia blogsetelah  membaca postingannya Mbak Evi tentang Peran Blogger Menuju ASEAN Community 2015.


Bagaimana Blogger bisa mempercepat perkembangan dan pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Indonesia memiliki potensi alam yang menakjubkan. Disebutkan di sana bahwa Blogger memang tidak terikat oleh etika kode jurnalistik ataupun pemerintah. Berarti Blogger jauh lebih bebas bukan? Bebas berekspresi.

Saat ini untuk mengetahui informasi apapun kita bisa googling. Termasuk untuk review suatu produk atau tentang tempat wisata tertentu. 

Tantangannya?
Karena mencakup dunia. Dari segi bahasa tentunya ya harus seragam. Aduh bahasa Inggrisku masih payah. :D
Kualitas tulisan pun harus bagus. Bukan bahasa yang alay. Bukan berarti aku mencerca orang-orang yang menyukai hal itu. Hanya saja bukankah lebih enak kalau tulisan yang bisa di baca. Karena yang diperlukan adalah informasinya. Bukan tulisan seninya? :)

Sebagai Blogger kita juga turut aktif dalam mempromosikan Indonesia di ranah dunia. Kita tak perlu lagi mencaci ketidak becusan pemerintah dalam mengordinasi potensi alam. Kita juga harus bergerak. Benar. bergerak melalui tulisan dan kita ikut mempromosikan negara tercinta kita agar dilihat dunia. :)

Dengan media sosial yang sudah menjamur ini. Para Blogger bisa memaksimalkan dalam mempromosikan suatu barang atau jasa. Sebagai bloggr pun juga memiliki komunitas-komunitas yang banyak si seluruh dunia. 

Jadi Blogger - Blogger yang keren mari kita ikut memberikan nilai positif dari Indonesia kepada dunia! ^^



  
   

9 comments:

  1. Iya betul Mbak Vera bahwa tantangan blogger ke depan adalah meningkatkan daya saing. Tak hanya kapasitas tulisan tapi juga bahasa yang digunakan. Internet sudah jadi kampung kecil. Lingua francanya adalah Inggris..Inggirisku sendiri masih belepotan Mbak..Makanya ini juga tantangan buar saya..

    Makasih ya Mbak. Tercatat sebagai peserta :)

    ReplyDelete
  2. saya setuju mbak, semoga kedepannya menjadi lebih baik lagi..


    Happy blogwalking !!

    ReplyDelete
  3. @Vanisa
    Semangattt :)
    Loh kok gak ada ya komentarnya? :O

    @Evi
    Sip.. makasih mbak Evi ^^
    Mari belajar bahasa inggris sama-sama :D

    @Al
    siip ^^
    makasih :)

    ReplyDelete
  4. Yups sepakat.. jangan terlalu suka menulis sesuatu yang suka memojokkan negeri kita sendiri di mata dunia.. Justru lewat media blog adalah sebuah kesempatan emas bagi kita untuk menunjukkan jika Indonesia adalah negara yang besar

    terima kasih sudah turut menyemarakkan GA mbak Evi... sudah tercatat sebagai peserta. salam kenal ya mbak Vera.. eh udah ketemu ding hihihi

    ReplyDelete
  5. @Lozz
    yuhuu mas. :D

    sip.. makasih sudah mampir yaa ^^

    ReplyDelete
  6. yapzzz.. selalu ada hal baru yang pasti kita dapat dari dunia blogging.
    "mata merah adalah hal terindah yang bisa kita nikmati saat menulis sesuatu yang bermanfaat bagi sesama..."
    teruskan bakatmu Vera...

    ReplyDelete
  7. Salam kenal Mba, Saya Sophie.
    Nasib kita agak sama beda 11-12
    Kalo saya kenal dengan blog semenjak awal 2010-an hanya aja ya gitu2, belajar berkomentar di blog-blog teman juga baru tahu akhir-akhir ini.

    Salah satu tujuan blog saya yang pertama mau ngenalin keberagaman daerah baru Indonesia. Semoga aja Indonesia bloggernya makin banyak dan semoga tulisan ini juga bisa menjadi awal silaturahmi perkenalan ya mba..

    salam kenal dan semoga (ngarep) kunjungan balik
    hehehehe

    ReplyDelete
  8. @Dony
    bkan hanya satu, tetapi banyak hal yang positif dari dunia blogging. Thank you.. ^^

    @Sophie
    Salam kenal juga mas. Masih agak aneh dengan namanya. hehe.

    setujuuu. selain buat ngegalau.. -_-. blog juga salah satu media yang cepat untuk mencari dan memamerkan kekayaan alam Indonesia.

    semangaaat :)

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.