Berburu Beasiswa Luar Negeri Khusus Negara Tujuan Jepang



Panjang ya Judulnya? 

Aku hanya ingin berbagi tentang pengalamanku berburu beasiswa luar negeri. Namun aku di sini hanya menyebutkan satu negara saja yaitu Jepang.


Ketertarikanku akan negara Jepang dimuali dari anime hingga budayanya. Dari dulu aku suka membaca. Namun membaca komik baru waktu SMP. Itupun aku tak pernah ada niat untuk pergi ke sana. Bagiku pergi ke luar negeri itu membutuhkan 'mukjizat'. 

Namun Tuhan Maha Baik, menunjukan sebuah jalan yang bisa aku tempuh untuk mengenyam pendidikan di Jepang. Pada saat aku SMA, kebetulan sekolah itu sekolahku itu tiap dua tahun sekali mengadakan kunjungan ke Konsulat Besar di Surabaya.

Siapa yang nggak girang coba? Awalnya aku niat tuh, nabung sendiri. *guaya
Tetapi ujung-ujungnya minta ortu ngelunasin juga. -_-

Jadi berangkatlah rombongan satu bis itu menuju Konsulat. Kedutaan besar adanya di Jakarta. Sedangkan Konsulat ada di beberapa ibu kota provinsi di Indonesia, termasuk Surabaya.

Kata Bu Nur, negara Jepang itu sangat waspada. Terlihat dari gedung-gedung yang berpagar tinggi. Kemudian pengamanannya yang luar biasa. Hp tidak boleh dibawa. Harus dititipkan. Yang dibawa cuma buku dan kamera saja.

Well, daripada kepanjangan aku skip cerita-cerita di sana. Yang ada adalah kami mendapat dua buah mejalah. Majalah yang pertama tentang beasiswa penuh yang diberikan Jepang. Ada D1, D3, S1. Dan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Tata caranya lengkap. 

Aku bertekad tuh. Untuk mencobanya. Nasib siapa yang tahu kan? 

Tetapi dasarnya emang aku tuh plin plan. Aku lupa mengambil fromulirnya. Dan terlupakan sudah beasiswa itu. 

Aku pikir, harapanku itu cuma mimpi. Mimpi yang jauh sekali. Dan tak kan pernah aku dapatkan. Apalagi sekarang aku kuliah di jurusan PGSD. Kalau jurusan pendidikan Bahasa Jepang di Unesa, sepertinya ada kesempatan untuk bertukar pelajar. Tetapi guru SD? Mana ada. :(

Hingga suatu kali aku melihat berita di Kompas.com tentang beasiswa sekolah Ke Jepang. Ada kesempatan untuk mengikuti Program Penataran Guru (Teacher Training Program).

Info lengkapnya klik di sini

Aku punya kesempatan untuk mengikuti beasiswa ini. Masih ada sekitar lima tahun lagi. Mohon doanya kawan.. (ini kuambil jika Yang Akan Terjadi di 23 Tahunku tidak terjadi)  tetapi kemungkinan bisa kuambil walaupun hal ini terjadi. Siapa yang tahu hari esok? ;)
 
Sekarang ini yang aku pikirkan adalah memperbaiki kemampuan bahasa inggrisku. Karena itu adalah kunci utama untuk lolos dalam program beasiswa di manapun. Minimal 500 untuk nilai TOEFL. 

Dan untuk teman-teman yang ingin berburu beasiswa luar negeri ada baiknya bisa memfollow Beasiswa Indonesia
Atau mencari informasi di kementrian luar negeri. 

Selain itu kalian bisa menargetkan mau mengincar ke negara mana, kemudian korek infonya lewat internet atau konsulat atau kedutaan.

Juga perluas pergaulan dengan teman-teman yang gila informasi beasiswa. Jangan patah semangat. Selama ada niat, pasti ada jalan.

Semoga beruntung. :)
 
"Postingan ini diikutsertakan dalam Kuis Berhadiah Oleh-oleh ABFI 2013"


Comments

  1. ehm ... gak jadi ikutan ini. sebenarnya mau wawancarai Bos yg dapat beasiswa ke Malaysia, S2 sih :p Tapi beliaunya gak nongol2 >.<

    sukses deh, moga Vey kesampaian ke JPN :)
    Selain b.Ing, belajar Nihongonya jangan lupaaa

    ReplyDelete
  2. @Arga
    wah sayang loh mbak, kan bisa pengalaman sendiri. hehehe
    aku ini juga pakai pengalaman sendiri :D

    Amiin, semoga terwujud ya mbak..
    siap, Nihongo juga ^^

    ReplyDelete
  3. Aamiin... saya doakan tercapai keinginan mencicipi udara Negeri Sakura..

    sukses untuk kuisnya mbak Vera.

    ReplyDelete
  4. makasih udah ikutan, veyy. dicatat sebagai peserta, semoga cita2mu tercapai yaa. aamiin :D

    ReplyDelete
  5. Semoga nanti kesampaian ya...memang benar, dari sekarang harus diasah tuh bahasa asing terutama bahasa Inggris dan bahasa negara tujuan...

    ReplyDelete
  6. @Lozz
    amiiin semoga terwujud ya Mas Lozz, makasih ^^
    sukses juga buat mas..

    @Ila
    Amin, semoga terkabul ya mbak :)

    @Anton
    Amiin, yup faktor bahasa harus dipikirkan secara matang.. ^^
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  7. Semangat yaa <3


    You are invited to join my giveaway to win one imported Korean Exquisite Fashion Watch in Turquoise on my blog :

    http://www.cliche-au-lait.com/2013/05/my-first-international-giveaway.html

    XOXO, <3

    ReplyDelete
  8. Bisa Vey,, nanti bisa jadi guru untuk anak2 orang indo di jepang.
    temenku ada kok yang bapaknya jadi guru di Vietnam.. semangat Vey.. jadi gutru itu mulia lho :D

    ReplyDelete
  9. @Bunga
    sip.. semangaat selalu :)

    @Ayu
    iya mbak... harus melek informasi :)
    semangat-semangat ^^
    makasih mbak, amin, insya allah ^^

    ReplyDelete
  10. selamat berburu beasiswa dan semoga dapet, ya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.

Popular posts from this blog

Ini Soal Resepsi Pernikahan

Jari, Onyx Asli Bojonegoro