[BeraniCerita #02] Ali


"Li, ngapain lu belajar mempeng kayak gitu sih? Ujian Nasional itu gampang. Percaya deh sama aku. Gak usah belajar mati-matian."
Ali hanya memandang ke luar jendela. “Nanti kau juga nyontek jawabanku kan?”
Tyo tertawa, “kau selalu tahu apa keinginanku. Aku yang penting lulus saja sudah senang.”
Ali menanggapinya dengan sindiran,”kalau cuma lulus, kamu juga nggak perlu msuk setiap hari.”
Tyo menimpali,”hei kau! Baiklah, bagaimana kalau kita taruhan. Siapa yang paling tinggi nilai Unasnya? Pasti aku.”
Ali menatapnya tidak percaya,”Oh ya? Aku menantikannya!”
***
Pengumuman Unas sudah dipasang, Tyo termasuk lima besar di kotanya. Sedangkan Ali tidak.
Tetapi Ali menyalami Tyo dengan senyum tulus. Mungkin ini teguran bahwa ia tidak boleh sombong. Dia tidak boleh meremehkan kemampuan seseorang. ”Cerdas sekali. Kamu bisa masuk di peringkat tertinggi NEM di kota ini. Kau menang. Selamat ya!”
Tyo tidak menyindir Ali, dia hanya mengucapkan terima kasih.
Tyo tahu darimana hasil ujiannya bagus. Tyo sangat tahu. Karena lembar jawaban itu masih belum terdelet dari hpnya. Tetapi Tyo tidak pernah membocorkannya.

***

Ali gemetar. Dia sudah belajar mati-matian untuk hal ini. Namun apabila tidak lulus. Mungkin dia instropeksi diri seperti dulu. Mungkin ada kejelekan di hatinya.
Lelaki paruh baya ini mempelajari berkas-berkas Ali dengan cermat. Kemudian ditaruhnya berkas itu dan menyalami Ali.
“Selamat Pak Ali. Saya baru kali ini mendapatkan guru fisika dan kimia yang berkompeten. SEtelah melihat dan kemampuan anda selama training kemarin, saya senang bisa menerima anda di sini. Anda saya terima di sini sebagai pegawai tetap. Dan saya bersedia membiayai anda untuk melanjutkan studi.”

Ali tidak percaya. Benarkah? Dia yang hanya mendapat nilai pas-pasan dalam materi fisika dan kimia, kini menjadi tentor tetap di Lembaga Bimbingan terelit di kotanya.

***

276 kata

Comments

  1. Jadi inget jaman SMA, banyak sekali yang menawarkan jawaban UNAS.. hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, miris banget. Soal ujian belum di tangan tetapi jawaban sudah menyebar. Terima kasih sudah mampir. :)

      Delete

Post a Comment

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.

Popular posts from this blog

Ini Soal Resepsi Pernikahan

Jari, Onyx Asli Bojonegoro