Salam untuk superman dan wonderwoman

Siapa sih yang paling berjasa dalam hidup kita? Orang tua ya pastinya. Ibu yang pertama kemudian Ayah.
Hem...

Puisi tentang ibuku sudah sering mendominasi note facebook dan lomba-lomba. Juga lomba menulis surat untuk ibu yang diadakan Rinso Indonesia, aku mendapat hadiah dari Rinso, yaitu Rinso cair sebesar 4 kg. Wah, bisa awet sampai 3 bulan deh. :)
 Bahkan esai tentang Ibu, Perempuan perkasa untuk kehidupan itu menang juara Faforit dalam lomba yang diadakan GusRis Fondation. :)
Sebuah kebanggan tersendiri. Hehehe. 

Aku ambil sebuah kutipan faforitku tentang perempuan. 


Perempuan-perempuan tidaklah lemah. Mereka kuat. Mereka kuat dengan air matanya. Mereka kuat karena mereka tahu di tangannya kehidupan itu berlanjut. (Vera Astanti)

Begitulah perempuan menurutku, tetapi dalam konteks ini adalah Ibu.

Nah sekarang giliran ayahku. Kalau pas Lebaran tiba, aku jadi teringat kejadian ini. Hahaha. Lucu banget. 
 
waktu itu pas lebaran tiba, dan setelah sholat ied. apa sebelumnya? aku lupa deh. kayaknya sebelum. soalnya aku pas nyari mukena.
dan karena mau berangkat ke masjid itu persiapan mau pake kemerja kan pastinya. entah apa yang ada di pikiran ayahku saat itu terlintas baju mukena.
"Bapak mau pake baju mukena aja, kan mau ke masjid."
awalnya aku mikir baju mukena? baju apaan ya?
"Baju mukena apaan pak? " tanyaku, soalnya ibukku lagi mandi, jadi otomatis aku yang harus nyariin itu baju di lemari. karena bapak sama adik itu pasti kalo nyari barang gak pernah ketemu. yang  ada malah berantakan deh tuh isi lemari.

"Itu lo, sama kayak yang dipake dede." jawabnya polos.
aku melongo ke dede. Oalah baju koko toh. tentu saja aku tertawa.
"Itu namanya baju koko Pak. bukan baju mukena." di sela tawaku.
Bapakku sih cuma ber Oh ria...

 Ayahku itu lucu, pernah juga mengerjai kami serumah dengan sms teror. -_-
Usil banget pokoknya. dan aku sekarang kangen beliau yang berada jauh di sana. Di seberang pulau. Pernah aku buat puisi tentangnya, saking kangennya.

dunia telah berubah ayah
semenjak kau meninggalkan kami
dan belum bisa menengok kembali

dunia
telah membeku ayah
bunga-bunga yang kau rawat itu telah layu dan mati
tanpa bekas

dunia
telah lupa namanya sendiri ayah
sebab kau tak meninggalkan secarik nama di dindingnya

dunia
telah membisu ayah
sebab semua suara ikut pergi mendampingimu merantau

dunia
ayah, dunia!
seperti hilir yang berlari menuju hulu
menuju tempat asalnya
sepertimu

dunia
demikian aku memangilnya

Tidak ada judul, hanya sebuah ungkapan kerinduan saja. Ayahku tidak pernah marah? Percaya? jangan! Hahaha. Ayahku itu memang tidak pernah marah kalau aku dan adikku dapat nilai jelek. Sama sekali tidak pernah! Kalau aku dan adik dapat hukuman dari sekolah, beliau marah? Weh, jangan harap. Yang ada malah mendukung guru untuk menghukum kami. :D

Ayah bisa makan apa saja yang tidak pernah kami makan, makan yuyu, belalang, ikan-ikan kecil. Pernah suatu kali Ayah habis memancing (atau ngebom istilahnya gak tahu juga :P). Dapat ikan kecil-kecil. Aku dan adikku mendem. Maksudnya mabok, sakit perut. Ibuku ngomel-ngomel, karena ternyata kami tidak tawar ikan itu. Tetapi ayahku baik-baik saja. Padahal beliau yang makan paling banyak. :D

Ayah, Ayah, Ayah, 
Mungkin dunia pernah menjegal langkahmu
Atau membuangmu dalam kotak 
Mengabaikanmu karena lidah tajam pagar di luar rumah

Ayah,
Segala senja tak pernah bisa menggantikan sosokmu
Lambaian angin terus saja menyebut namamu
Jutaan bintang berdoa untukmu

Ayah, Ayah, Ayah
Kami selalu di sini bersamamu
Mencintaimu
Menyayangimu
Merindukanmu
Selalu



Comments

  1. Waaaaa Ratunya GA ini ya... Senangnya bisa menang lomba dengan tema yang bagus. Sukses terus ya (^_^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... berlebihan ah, kalo dibilang ratu >.<
      terima kasih ya.. kamu juga, sukses selalu.. ^o^

      Delete
  2. Dad, uhm ... ayahmu baik ya :)
    Mom, I love my mom so much
    miss her :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...
      we do love our Mom

      keep smile mba tha
      ^_^

      Delete
  3. jadi inget papaku, we love you dad :'(

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon tidak meninggalkan link di dalam komentar. terimakasih.

Popular posts from this blog

Ini Soal Resepsi Pernikahan

Jari, Onyx Asli Bojonegoro